pelatihan komputer cimpaeun
KEGIATAN : Peserta melakukan foto bersama usai mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja Komunitas YPP Mutiara Harapan Nusantara, Jalan Raya Tapos No.13 RT 03/01, Kelurahan Cimpaeun, Tapos, Senin (2/12). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
pelatihan komputer cimpaeun
KEGIATAN : Peserta melakukan foto bersama usai mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja Komunitas YPP Mutiara Harapan Nusantara, Jalan Raya Tapos No.13 RT 03/01, Kelurahan Cimpaeun, Tapos, Senin (2/12). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Pasca diresmikan beberapa waktu lalu, Balai Latihan Kerja Komunitas YPP Mutiara Harapan Nusantara di Jalan Raya Tapos No 13 RT 03/01, Kelurahan Cimpaeun, Tapos langsung bergerak memberikan pelatihan komputer ke masyarakat sekitar, Senin (2/12).

Koordinator penyelenggara  latihan kerja, Junaedi (32) mengungkapkan, balai latihan kerja komunitas ini, merupakan program pemerintah pusat Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI dan telah resmi berjalan sejak awal November 2019.

“Kaitannya mendukung program pemerintah, menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan siap menghadapi dunia kerja. Maka diberi bekal untuk menghadapi dunia kerja di balai latihan kerja komunitas ini,” ucap Junaedi kepada Radar Depok.

Ia megungkapkan, pelatihan ini sesuai dengan jurusannya. Sebab, untuk pelatihan komputer, maka pembelajaran hanya seputar komputer saja. Sedangkan, jumlah peserta disesuaikan dengan kelas dan komputer yang tersedia.

“Di sini satu kelas terdapat 16 unit komputer. Jadi, satu angkatan hanya satu kelas, terdiri dari 16 peserta,” ungkapnya.

Junaedi juga mengatakan, di Depok sendiri kegiatan ini semacam Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), dan untuk programnya masih dalam pembinaan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi yang membina langsung.

“Pelatihan ini dilaksanakan  selama 20 hari, modelnya seperti kursus, satu  minggu enam hari dan 200 jam pelajaran,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan ini, dibuka untuk umum, tetapi karena ini ada dikecamatan Tapos, jadi pesertanya rata-rata dari wilayah sekitar. Sebelum diadakan pelatiahan, lebih dahulu diadakan tahapan seleksi untuk peserta.

Sementara, Sekretaris Kelurahan Cimpaeun, Hidayat mengaku senang dengan dibangunnya balai pelatihan ini di wilayahnya. Sebab, dapat meningkatkan keahlian masyarakat sekitar.

“Ini merupakan kegitan yang positif, karena dapat membantu masyarakat mempersiapkan dirinya untuk bersaing dalam dunia kerja,” kata Hidayat.

Selain itu, sambung Hidayat, masyarakat sekitar tak perlu jauh mencari balai pelatihan. Dan, setelah mengikuti pelatihan, skill yang didapat menjadikan SDM yang unggul dan dapat bersaing dengan masyarakat luas.

“Harapannya, daya saing warga Cimpaeun bisa meningkat dan dapat terakomodir di perusahaan-perusahaan,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya