kawasan bencana di kelurahan cilangkap
LONGSOR : Turap Jalan Raya Bogor yang masuk Kelurahan Cilangkap, Tapos mengalami longsor pasca hujan lebat pada pergantian tahun. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
kawasan bencana di kelurahan cilangkap
LONGSOR : Turap Jalan Raya Bogor yang masuk Kelurahan Cilangkap, Tapos mengalami longsor pasca hujan lebat pada pergantian tahun. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Awal 2020 menyisakan memori pilu bagi warga Depok. Sebab, di beberapa wilayah di Kota Sejuta Maulid diterjang banjir dan longsor. Bencana ini juga mendera10 RW di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos.

Seperti yang disampaikan Lurah Cilangkap, Suaibun. Di wilayahnya belum pernah terjadi bencana banjir dan longsor di beberapa titik seperti ini.

“Karena deras nya hujan serta lokasi kami yang berdekatan dengan bogor dan situ Cilangkap, membuat situ dan kali meluap hingga berdampak seperti ini,” ucapnya kepada Radar Depok, Jumat (3/1).

Dari 22 RW di Kelurahan Cilangkap, 10 RW terkena dampak dari derasnya hujan. Namun, Suaibu memastikan bahwa saat ini semua sudah ditanggulangi petugas maupun warga setempat.

“RW yang terkena banjir diantaranya RW02, 09, 12, 14 serta 20. Sedangkan untuk turap jebol berlokasi di RW01, 11, dan RW22,” jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk RW18, terdapat  turap longsor disertai banjir dan RW08 gorong-gorong terkikis air. Suaibun pun menegaskan, dari berbagai bencana yang menimpa Cilangkap, pihak berwenang sudah melakukan pendataan dan evakuasi.

“Sampai saat ini, lokasi banjir sudah hampir surut, tinggal dua rumah yang masih tergenang dan itupun hanya sebatas mata kaki orang dewasa. Tetapi, hingga siang ini dapat dipastikan semua lokasi banjir dapat surut,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data yang diperoleh, kerugian mencapai ratusan juta rupiah dan sudah dilakukan pembersihan sisa-sisa banjir serta pembersihan puing-puing longsor.

“Berdasarkan data yang kami dapatkan, rumah warga yang terendam banjir sekitar 52 rumah dari beberapa RW yang ada di Kelurahan Cilangkap,” jelasnya.

Suaibun juga berpesan, agar warga dapat bergotong-royong membersihkan sisa-sisa bencana serta tetap waspada dan berhati-hati jika hujan deras kembali mengguyur Kota Depok dan Bogor. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)