52 Titik Longsor, 38 Titik Banjir

In Metropolis
peta bencana banjir di depok
TERKEPUNG BANJIR : Pemukiman warga di Komplek Marinir, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas terendam banjir. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok memetakan 90 titik bencana banjir dan longsor. Pemetaan tersebut dilakukan selama sepuluh hari, sejak terjadinya banjir di Kota Depok.

Dari seluruh titik banjir dan longsor tersebut, hampir semua titik sudah ditangani Tim Penanggulangan Bencana kota Depok. Hal itu disampaikan Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi.

“Sebagian besar wilayah banjir dan longsor sudah ditangani, khususnya wilayah terdampak paling parah,” kata Dadan kepada Radar Depok, beberapa waktu lalu.

Dadan meririnci, ada 52 titik didominasi longsor sedangkan 38 lainnya adalah banjir. Sejumlah titik tersebut tersebar di beberapa wilayah yang ada di Kota Depok.

“Titik longsor ada di wilayah Komplek Samudera, RW06 Kelurahan Depok, Jalan Raya Andara Kelurahan Pangkalan Jati, Jalan Pitara Pancoranmas, dan Perumahan PGRI, Kelurahan Cilodong,” bebernya.

Dia menjelaskan, untuk titik banjir, yaitu di Kampung Lio, RT09 dan RW19, Kecamatan Panmas. Kemudian, Masjid Mampang, Komplek Marinir Parung Bingung, dan Rutan Cilodong.

“Ada empat wilayah yang kami usulkan tanggap darurat bronjong. Namun, yang disetujui hanya dua, yaitu sungai di sepanjang Cipayung dan Tanah Baru,” tuturnya.

Dadan menambahkan, untuk penanganan yang tidak masuk dalam biaya tanggap darurat, akan dikerjakan melalui pengajuan Belanja Tidak Terduga (BTT) 2020 dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021.

“Saat ini Satgas kami melakukan penanganan sementara dengan pemasangan cerucuk bambu dan karung tanah, serta terpal agar longsor tidak meluas. Sementara untuk penanganan banjir, kitalakukan pengangkatan sampah di saluran yang tersumbat,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos di Depok, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu