alun-alun kota depok mau diresmikan
SIAP DIRESMIKAN: Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Alun-Alun Kota Depok tahap 2 di kawasan Grand Depok City. Pemerintah Kota Depok mengatakan akan segera meresmikan tempat tersebut. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
alun-alun kota depok mau diresmikan
SIAP DIRESMIKAN : Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Alun-Alun Kota Depok tahap 2 di kawasan Grand Depok City. Pemerintah Kota Depok mengatakan akan segera meresmikan tempat tersebut. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok bakal segera meresmikan Alun-Alun Kota Depok pada 12 Januari 2020. Agenda tersebut mundur beberapa hari dari jadwal yang seharusnya, yaitu 31 Desember 2019.

Hal tersebut dibenarkan oleh Walikota Depok, Mohammad Idris. Menurutnya, proyek alun-alun Depok Tahap II ditargetkan rampung akhir Desember 2019. Dan pembangunan sudah selesai, hanya saja belum bisa langsung diresmikan.

“Peresmiannya 12 Januari 2020, jam 06.00 wib sudah ada orang yang doa selametan. Jam 07.00 silakan datang ke alun-alun, menikmati berbagai hiburan,” tutur Idris kepada Radar Depok.

Idris mengatakan pembangunan sudah mencapai seratus persen. Saat ini sedang menyelesaikan pasir bekas bangunan, serta balok sisa-sisa yang dibersihkan.

“Ya 100 persen. Sudah selesai, kalau enggak selesai saya enggak mau,” tegas Idris.

Idris menilai, selain karena masih banyak sisa pembangunan, beberapa panitia pelaksana juga meminta peresmiannya ditunda karena ingin merayakan tahun baru.

“Waktu itu panitia pelaksana usul ‘Pak kalau kita di sini berarti kita enggak tahun baruan dong Pak’. Akhirnya tahun baruan bebas di mana saja. Tukang-tukangnya juga mau tahun baruan soalnya,” tutur Idris.

Terpisah, Kabid Tata Bangunan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Suwandi mengatakan, pembangunan alun–alun sudah selesai sebelum malam Tahun baru.

“Pembangunan fisiknya sudah selesai 100 persen sejak 27 Desember. Sekarang sedang dilakukan pembersihan dan pengecekan terhadap infrastruktur yang sudah dibangun,” bebernya.

Dia menjelaskan, terdapat pembuatan infrasruktur yang menjadi prioritas pada pembangunan alun-alun tahap kedua ini. Antara lain pintu masuk utama, area penurunan penumpang, dinding mural, parkir pengelola, jembatan utama, dan kolam retensi.

“Kemudian, ada panggung mengapung, area duduk (amphitheater), pendopo, taman bermain anak, taman lansia, galeri UMKM, rumah kaca (green house), co-working space, dan menara pandang,” ujar Suwandi.

Dia menambahkan, anggaran pembangunan alun-alun tahap kedua berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok, dengan total Rp50 miliar.

“Rencananya alun-alun tahap kedua ini akan diresmikan pada Januari 2020,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)