Alun-Alun Telan Anggaran Rp200 M

In Metropolis
peresmian alun-alun walikota dan wakil walikota depok
DIRESMIKAN : Walikota Depok Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna beserta unsur Forkopimda menghadiri peresmian Alun-Alun Kota Depok, Grand Depok City, Minggu (12/1). Pemerintah Kota Depok meresmikan Alun-alun Kota Depok yang dibangun seluas 3,9 hektare dengan beberapa fasilitas seperti skate park, taman bermain anak, bmx park, wall climbing, dan berbagai macam lainnya. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok meresmikan Alun-Alun Kota Depok di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City, Minggu (12/1). Peresmian sempat tertunda selama dua minggu dari waktu yang ditentukan, yaitu 31 Desember 2019.

Walikota Depok Mohammad Idris menuturkan, Alun-Alun ini mempunyai banyak fungsi bagi warga Depok. Di sisi ekologis terdapat ruang interaksi antara lansia dan anak-anak.

“Alhamdulillah sudah diresmikan. Alun-Alun ini punya banyak fasilitas, ada lapangan basket, futsal, wall climbing, serta kolam resiste.  Agar warga berinteraksi di tempat yang aman,” ungkap Idris

Selain ekologis, Alun-Alun tersebut juga mempunyai fungsi ekonomis. Sebab, nantinya akan disiapkan gerai UMKM seluas 1.000 meter.

Sementara edukasinya disediakan working space, bagi anak muda yang mau diskusi disiapkan ruang khusus, serta sejumlah fasilitas lainnya.

“Hampir Rp160 miliar untuk kontruksi, kalau tanah beda lagi. Keseluruhan Rp200 miliar APBD murni,” tutur Idris.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, Alun-Alun ini diperuntukkan bagi warga Depok yang sudah lama tidak mempunyai Alun-Alun.

“Ini pemenuhan janji kampanye kami, saat ini sudah 90 persen janji kami direalisasikan. Sisanya segera kami tuntaskan,” ucap Pradi.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota  Depok, Dadang Wihana mengatakan, Alun-Alun memiliki tempat parkir yang mampu menampung sekitar 30 kendaraan roda empat dan 200 kendaraan roda dua.

“Di sini sudah ada kurang lebih 30 mobil dan motor sekira 150-200. Perkiraan penumpukankan pada malam hari atau weekend, nah jika itu terjadi akan digunakan beberapa spot yang masih kosong,” singkat Dadang.

 

huruf P rusak di alun-alun depok
SEGERA PERBAIKI : Kondisi huruf P pada tulisan ‘Alun Alun Kota Depok’ rusak saat peresmian, Minggu (12/01). FOTO : ARNET/RADARDEPOK

 

Hurup P Perlu Diperbaiki

Terpisah, di antara megahnya peresmian Alun-Alun masih saja menyisakan hal yang kurang sedap dipandang mata. Tampak pada tulisan ‘Alun-Alun Kota Depok’ tepat di huruf “P” patah alias rusak. Sejumlah warga sangat menyayangkan kejadian tersebut, yang mengakibatkan perayaan menjadi kurang maksimal.

“Pemborong jelas yang bertanggung jawab, karena masih masuk pemeliharaan. Saya tidak peduli rusaknya karena apa. ini jelas pekerjaan yang diselesaikan secara buru-buru, lihat hasilnya,” ungkap Ketua LPM Kalibaru, Burhanudin.

Ia menilai, sangat berhak mengatakan keras pada pihak terkait, karena sebagian Alun-Alun berdiri di wilayah Kalibaru. “Masa baru diresmikan sudah rusak, perlu dievaluasi hasil pekerjaannya secara keseluruhan,” tegas Burhanudin, Minggu (12/01).

Burhanudin mengaku, sudah melihat secara langsung kondisi huruf yang rusak. Proyek miliaran seharusnya dalam pengawasan yang maksimal sehingga dapat hasil maksimal. Sehingga penyebab kerusakan bukan menjadi inti masalah dalam kejadian ini. “Ini dikerjakan asal-asalan karena dikejar deadline,” ujar Burhanudin.

Sementara itu, warga RW02 Jalan Abdul Gani, Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilodong, Harris Hafiz mengaku, sangat menyayangkan adanya kerusakan itu. “Pasti diingat dan sangat memalukan. Semoga saja nantinya fasilitas lain tak cepat rusak,” singkat Haris. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra), Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos di Depok, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu