pemkot depok galang dana bantuan
PENGGALANGAN DANA : Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna memimpin penggalangan dana peduli bencana bagi ASN di Lapangan Balaikota Depok, Senin (6/1). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
pemkot depok galang dana bantuan
PENGGALANGAN DANA : Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna memimpin penggalangan dana peduli bencana bagi ASN di Lapangan Balaikota Depok, Senin (6/1). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai wujud kepedulian Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, kepada korban banjir dan longsor. Senin (6/1), ratusan ASN menggalang aksi donasi selepas apel pagi di Balaikota Depok.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengungkapkan, donasi ini diadakan secara sukarela tanpa adanya paksaan dari pimpinan kepada ASN. “Ini sifatnya kesukarealaan kami, sebagai wujud rasa peduli kami kepada para korban bencana,” kata Pradi kepada Radar Depok, Senin (6/1).

Dia mengungkapkan, dari hasil urunan tersebut pihaknya berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp46.123.000. “Sumbangan itu dari sekitar 500 orang ASN di Depok, dan nantinya akan didistribusikan,” bebernya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Depok, Usman Haliyana mengatakan, nantinya uang tersebut akan dijadikan barang–barang kebutuhan para korban banjir. Seperti sembako, pakaian anak, tas sekolah, kasur lipat dan lain–lain. “Akan dibagikan secara proporsional keseluruh korban banjir,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain melakukan penggalangan dana pada apel itu, pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan kepada korban banjir sejak beberapa waktu yang lalu. Bantuan tersebut bersumber dari pemberian masyarakat yang dikumpulkan di posko tanggap bencana. “Dari tanggal  1 sampai 5 kemarin kami juga sudah mengirimkan bantuan kepada korban banjir,” ucapnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Kadiskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah mengaku, senang sudah berpartisipasi untuk membantu korban bencana. Menurutnya, kegiatan penggalangan dana ini merupakan salah satu langkah terbaik untuk meringankan beban korban banjir.

“Selain dengan memberikan doa, penggalangan dana ini merupakan kepedulian ASN terhadap korban bencana di Depok,” tuturnya.

Dia berharap kejadian banjir dan longsor ini memberi hikmah yang terbaik bagi seluruh pihak, untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

“Kita berempati dengan musibah yang terjadi. Semoga kejadian ini menyadarkan semua pihak, akan perlunya saling koordinasi dan sinergi dalam pengeloaan lingkungan, serta sadar betul akan kekuasaan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar : (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)