Bawaslu Panaskan Mesin

In Politika
SIAP : Jajaran Komisioner Bawaslu Kota Depok berfoto di sela-sela kegiatan di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pasca membentuk dan melantik Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) serta Kepala Sekretariat Panwascam, Bawaslu Kota Depok mulai memanaskan mesin guna menghadapi Pilkada Depok 2020.

Seperti hari ini (Selasa 14/1), Koordinator Divisi Pengawas dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Panwascam se-Kota Depok berkumpul dan menggelar rapat koordinasi, di Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Depok, Jalan Raya Nusantara, Nomor 1, RT03/13 Kelurahan/Kecamatan Beji.

“Iya, besok (hari ini) divisi PHL akan Rakor dalam rangka berkoordinasi dan menyamapakan persepsi dalam pengawasan tahapan Pilkada Kota Depok tahun 2020 yang akan berlangsung. Memanaskan mesin lah istilahnya,” kata Kordiv PHL Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana kepada Radar Depok, Senin (13/1).

Menurut inisiator Program Zona Integritas Pilkada (ZIP) ini, ada beberapa hal yang perlu disinkronkan, di antaranya penyusunan rencana pengawasan di tingkat kecamatan berbasis rencana induk pengawasan Pilkada Kota Depok yang telah disusun Divisi Pengawasan.

“Kemudian, kami juga ingin menyamakan persepsi mengenai tata kerja pengawasan dan pelaporan hasil pengawasan,” paparnya.

Selain itu, sambung Dede, pihaknya juga ingin meningkatkan kapasitas Panwascam dalam menggunakan aplikasi Laporan Hasil Pengawasan (LHP) online. Sebab, kedepan, pihaknya akan memaksimalkan teknologi berbasis IT untuk menunjang pengawasan di lapangan.

“Sudah ada beberapa aplikasi yang telah dikembangkan Bawaslu Depok, insya Allah akan bermanfaat dan berjalan maksimal untuk meningkatkan kualitas pengawasan,” sambungnya.

Tidak hanya itu, Dede menambahkan, dalam Rakor tersebut, pihaknya juga akan menggenjot optimalisasi peran Sekretariat Panwascam, terutama staf pengawasan dalam mendukung kerja pengawas Panwascam.

“Kami juga akan membahas pelaksanaan Program Kampung Pengawasan Pilkada (ZIP) di tiga kecamatan yang menjadi pilot project,” imbuhnya.

Ia berharap, seluruh Anggota Panwascam dapat mentansfer ilmunya dengan baik dan menerapkannya dalam menjalankan fungsi-fungsi pengawasan di wilayah masing-masing. Sehingga, target Bawaslu untuk mewujudkan Pilkada yang bersih dan berintegritas dapat tercapai.

“Tentu, ini bukan tugas kami semata, kami perlu dukungan dari seluruh stakeholder agar cita-cita kami dari lembaga pengelenggara Pemilu dapat terwujud,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun di Depok

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman

  Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar Ketua MUI Kota Depok   KETIKA anda bilang cinta, maka pasti ada konsekwensinya. Karena setiap ucapan yang

Read More...

Mobile Sliding Menu