Perbaikan Situ Pulo Asih
DIPERBAIKI : Petugas SDA PUPR Kota Depok memperbaiki tanggul yang jebol di Situ Asih Pulo, Kampung Pulo, RT6/RW8, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, Senin (6/1). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
Perbaikan Situ Pulo Asih
DIPERBAIKI : Petugas SDA PUPR Kota Depok memperbaiki tanggul yang jebol di Situ Asih Pulo, Kampung Pulo, RT6/RW8, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, Senin (6/1). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Wakil rakyat Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendesak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), segera memperbaiki tanggul jebol Situ Pulo Asih. Percepatan tersebut ditegaskan, demi menanggulangi korban jiwa berjatuhan ketika air bah menyapu puluhan rumah, di Kampung Pulo Kelurahan Rangkapanjaya Baru (RJB), Pancoranmas.

Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Imam Budi Hartono (IBH) mendesak BBWSCC segera memperbaiki tanggul yang jebol di Situ Pulo Asih. Jangan sampai peristiwa yang seharusnya bisa di tangani dengan cepat, malah memakan korban, akibat kelalaian. “Keselamatan warga lebih penting, semua pihak harus bergerak. Bukan hanya pemerintah, tapi seluruh elemen masyarakat,” kata IBH kepada Harian Radar Depok, Senin (6/1).

Jika dilihat kejadiannya, kata IBH, seharusnya BBWSCC sudah tanggap. Mengingat, peristiwa tanggul jebol situ saat malam pergantian tahun. “Sudah lama hampir sepekan. Seharusnya ada tindakan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BBWSCC, Bambang Hidayat mengatakan dengan singkat, masih mempersiapkan bahan untuk menurap situ itu. Hal ini dilakukan guna memperkuat penahanan saat volume air meningkat. “Kami sedang siapkan peralatannya, dan langsung akan kami kerjakan bila sudah siap,” singkat Bambang.

Pantauan Radar Depok di lokasi, Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, telah memasang bronjong di tanah yang amblas. Nampak, Satgas SDA aktif turun kelapangan memperbaiki tanah yang amblas. Tapi, warga setempat masih memasang spanduk waspada, mereka menilai belum ada penanganan yang tuntas.

Terpisah, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengaku, siaga 24 jam jika dibutuhkan. Pihaknya siap dengan segala peralatan, dan personel yang selalu siaga.

“Kami siap siaga, jika ada yang membutuhkan, tinggal hubungi kami,” pungkasnya.(rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)