Psikolog Fitriani F.S
Psikolog Fitriani F.S

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Munculnya kasus Reynhard Sinaga yang divonis seumur hidup karena telah melakukan perkosaan terhadap ratusan pria di Manchester Inggris, disoroti oleh sejumlah pihak.

Psikolog Fitriani F.S menilai, apa yang dilakukan Reynhard tergolong preadtor seks. Selain itu, seks menyimpang apabila orientasi seksualnya berbeda dari yang normal atau penyuka sesama jenis atau homo seksual. Ada juga dorongan seksual yang sangat besar (hyperseks), sehingga tidak pandang situasi lagi untuk melampiaskan hasrat seksualnya, atau keduanya.

“Untuk kasus RS ini tampaknya keduanya,” tutur Fitriani kepada Radar Depok, Selasa (7/1).

Ia mengatakan, lingkungan, pengasuhan, dan kebiasaan sejak kecil sangat memengaruhi. Maka, upaya dalam mencegah aksi predator seks tersebut mirip seperti rehabilitasi narkoba, harus menyeluruh. Selain itu bisa kebiri, berpuasa, atau tidak menonton tayangan mengandung hal-hal yang dapat menimbulkan rangsangan. Misalnya pornoaksi, kekerasan, atau drama percintaan.

“Bisa juga dicegah lewat penyuluhan agama, tidak makan makanan yang dapat meningkatkan hormon seksual. Dan kasih sayang yang tulus dari orang tua atau pasangan, maupun keluarga,” tutur Fitriani.

Meski begitu, Fitriani menilai, hukuman yang didapat RS setimpal karena korbannya sudah sangat banyak. Hanya saja dipenjara harus menangani pelaku secara komprehensif seperti di atas, dan penjaranya di sel yang tersendiri.

“Kelihatannya RS itu homoseksual yang hiperseks,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)