Oleh: Ummul Waffa

Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM)

NPM 02180200003

 

SAYUR-MAYUR adalah bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (bahan makanan nabati) yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam segi manfaat, sayur memiliki berbagai manfaat yang terkandung didalmnya.

Sayur berwarna hijau adalah sumber karoten yang baik untuk antioksida. Semakin hijau warna sayur maka semakin banyak kandungan karoten yang terkandung di dalamnya seperti brokoli yang juga mengandung manfaat lain seperti vitamin C, folat dan mineral. Sedangkan sayur kecambah seperti tauge, cukup kaya akan vitamin E.

Sayuran dapat membantu tubuh untuk mendapatkan sumber nutrisi, serat dan vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara memilih sayuran yang benar. Nah untuk itu, kali ini saya akan membagikan tips untuk memilih sayuran yang baik, segar dan sehat untuk keluarga.

  1. Warna yang masih terlihat segar

Untuk semua jenis sayuran, warna yang masih nampak segar dan tidak kusam adalah ciri-ciri utama jika sayuran itu baik untuk di konsumsi. Terutama untuk sayuran daun-daunan seperti bayam, kangkung, kemangi dll.

  1. Cek Tekstur untuk memastikan

Pada sayuran berdaun, tulang daun harus terlihat jelas, dan batang sayuran mudah dipatahkan. Untuk umbi-umbian, pilihlah yang teksturnya keras atau tidak gembur, tidak berlubang, tidak lembek dan berair. Sedangkan sayuran buah seperti tomat, terong, dan mentimun. Ada baiknya anda memilih yang masih kencang atau tidak keriput, utuh dan tidak berlubang.

  1. Sayuran yang bebas pestisida

Biasanya di dalam sayuran terdapat ulat kecil yang suka memakan daun-daun sayuran, sehingga menyebabkan daun pada sayuran tidak utuh dan sempurna lagi. Akan tetapi, hal tersebut sangat baik. Sebab, jika daun pada sayuran dimakan oleh ulat, itu menandakan bahwa sayuran bebas dari pestisida.selain itu, ciri daun yang disemprot pestisida akan terlihat bercak putih yang mongering pada permukaan daunnya. (*)