kelurahan cisalak pasar ajukan musrenbang
REMBUK : Lurah Cisalak Pasar bersama tokoh menlakukan rembuk pra Musrenbang, di lingkungan RW02 Kelurahan setempat. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
kelurahan cisalak pasar ajukan musrenbang
REMBUK : Lurah Cisalak Pasar bersama tokoh menlakukan rembuk pra Musrenbang, di lingkungan RW02 Kelurahan setempat. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Menggali skala prioritas di lingkungan untuk diusulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada 14 Januari , Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis mengelar pra Musrenbang.

langkah awal pihak Kelurahan bersama dengan LPM, RT, RW dan masyarakat ini menghasilkan usulan priortias, seperti drainase atau saluran air, gedung kantin Kelurahan serta kegiatan yang menunjang ketahanan keluarga dan layak anak.

“Kegiatan Pra Musrenbang ini, dimaksudkan untuk menampung usulan-usulan yang disampaikan oleh ketua RT dan RW yang ada di Kelurahan Cisalak Pasar,” ucap Lurah Cisalak Pasar, Syahruddin kepada Radar Depok, Rabu (8/1).

Ia mengungkapkan, dengan adanya Pra Musrenbang diharapkan dapat mencapai hasil yang maksimal dalam menampung usulan dalam bidang infrastruktur dan sosial budaya serta mengedepankan potensi kearifan lokal.

“Kita juga membuat skala prioritas usulan, diantanya pembuatan dan perbaikan drainase, perbaikan jalan, perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), taman RW serta renovasi posyandu,” jelasnya.

Syahruddin melanjutkan, dalam kegiatan Dalam kegiatan Pra Musrenbang ini juga melibatkan LPM, RT, RW, Kader PKK, Katar, Forum Anak, tokoh agama, pokja sehat, lembaga lansia, PKDRT, GTKLA, RW ramah anak serta tokoh masyarakat ini, juga menampung usulan masyarakat terkait dalam bentuk kegiatan non fisik, seperti pengembangan UMKM, sosialisasi dan pelatihan kepemudaan. Sehingga, masyarakat dapat memiliki usaha sendiri dan keterampilan secara individu serta kelompok.

“Berdasarkan hasil Pra Musrenbang terdapat usulan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 16 titik, drainase 36 titik, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 20 titik, taman RW serta pengembangan usaha pariwisata,” tuturnya.

Ia berharap, agar kegiatan Musrenbang akan berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan.

“Tentu kita semua berharap, agar dapat mencapai hasil yang maksimal serta mengedepankan yang menjadi skala prioritas,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (@pebrimulya)