petugas pemadam kebakaran bebersih sisa banjir
KOLABORASI: Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok bersama warga membersihkan lumpur sisa banjir di RT05/07 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Jumat (3/1). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
petugas pemadam kebakaran bebersih sisa banjir
KOLABORASI : Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok bersama warga membersihkan lumpur sisa banjir di RT05/07 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Jumat (3/1). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok UPT Cimanggis dan Tapos serta warga membersihkan lumpur yang masuk ke pemukiman RT05/07 Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Kecamatan Cimanggis, Jumat (3/1).

Komandan Regu A, UPT Cimanggis, Ahmad H. Asmari mengungkapkan, pihaknya menurunkan enam orang personel untuk membersihkan lumpur yang ada di rumah warga.

“Dari Cimanggis menurunkan enam personel dan dari Tapos tiga personel. Kami membantu evakuasi membersihan lumpur pasca banjir kemarin,” ucapnya kepada Radar Depok.

Ahmad menjelaskan, sampai dengan pukul 15.00 WIB,  sudah enam rumah yang dibersihkan dari tumpukan lumpur.

“Kami mulai menurunkan personel setelah melaksanakan Salat Jumat, dan sampai saat ini sudah enam rumah yang kami bersihkan. Selanjutnya kami masih menunggu arahan dari pemilik rumah dan RT setempat,”  pungkas Ahmad.

Sementara, warga RT 05/07 Zainal mengungkapkan, Rabu (1/1) banjir mencapai atap rumah warga yang tinggal di bantaran kali.

“Kalau kemarin memang airnya sangat tinggi, tetapi alhamdulillah saat ini sudah surut, walaupun kami masih tinggal di posko pengungsian. Karena, saat ini rumah masih belum bisa ditempati,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, untuk bantuan sendiri cukup banyak, karena dari berbagai pihak begitu peduli mengulurkan tangan bagi korban terdampak banjir di PGS, baik dari Pemkot Depok, instansi keamanan, komunitas maupun warga sekitar.

“Kalau bantuan, alhamdulillah kita sangat berlebih. Baik dari segi makanan ataupun keperluan lainnya, semua sangat tercukupi,” tambahnya.

Di lokasi yang sama, Lurah Pasir Gunung Selatan, Supriyatun menjelaskan, hujan deras yang terjadi mengakibatkan terjadi banjir di dua titik, yaitu RW 07 dan 12. Namun, semua sudah dalam penanganan.

“Untuk di RW07 yang terkena dampak sekitar 70 jiwa, sedangkan di RW 12 sekitar 131 jiwa. Namun, semua sudah dilakukan penanganan oleh Damkar Cimanggis dan Tapos, Brigif Para Rider serta warga setempat juga turun membanttu membersihkan lokasi banjir,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, memang seharusnya pemukiman warga tidak terlalu dekat dengan kali, tetapi sampai saat ini masih banyak warga yang ditinggal dibantaran kali.

“Sebenarnya memnag sudah ada aturan untuk tidak tinggal di bantaran kali, nanti akan kami carikan solusinya bersama,” jelasnya.

Atun –sapaannya- menghimbau agar warga selalu waspada saat hujan tiba dan segera mengungsi ke tempat yang lebih aman jika hujan yang turun semakin deras.

“Semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini. Saya juga mengucapkan terimaksih, kepada seluruh pihak yang membantu, baik memberikan bantuan logistik ataupun bantuan tenaga,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)