Depok Miliki 38 UPT Puskesmas

In Metropolis
ruang tunggu puskesmas cimanggis
ANTRE : Masyarakat sedang menunggu pelayanan kesehatan di ruang tunggu Puskesmas Cimanggis. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota Depok menambah jumlah Puskesmas sebanyak tiga unit di tahun 2020 ini. Penambahan Puskesmas tersebut sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Depok.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Depok, Novarita mengatakan, puskesmas yang baru dibangun yaitu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Mapang, UPT Puskesmas Cinangka, dan UPT Puskesmas Depok Utara. Ketiga Puskesmas tersebut sebelumnya hanya berupa Puskesmas Pembantu (Pustu) kini sudah menjadi Puskesmas permanen.

“Puskesmas Mampang sebelumnya Pustu di Puskesmas Depok Jaya, Puskesmas Cinangka sebelumnya Pustu di Puskesmas Kedaung, dan Puskesmas Depok Utara sebelumnya Pustu di Puskesmas Beji. Tahun ini, ketiganya sudah jalan sendiri menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah atau UPTD,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (19/1)

Nova mengungkapkan, semua puskesmas tersebut sudah memiliki fasilitas yang lengkap, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Fasilitas pelayanan kesehatan, seluruhnya telah dilengkapi dengan pemeriksaan umum, pelayananan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), pelayanan Keluarga Berencana (KB).

“Saat ini belum ada laboratorium di puskesmas tersebut. Namun, ke depan sarana prasarana akan terus ditingkatkan,” ujarnya.

Dia menyebutkan, alamat Puskesmas Mampang berada di Jalan Namnam Raya RT 05/07 Kelurahan Mampang Kecamatan Pancoranmas, Puskesmas Cinangka di Jalan Nusa Indah VI RT 01/02 Komplek Pondok Bulak Kelurahan Cinangka Kecamatan Sawangan. Sedangkan untuk Puskesmas Depok Utara di Jalan Halmahera No 8 Kelurahan Beji Kecamatan Beji.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, Enny Ekasari menuturkan, dengan adanya tambahan tiga puskesmas tersebut, jumlah puskesmas di Depok kini  menjadi  38 Puskesmas.

“Sebelumnya Puskesmas di sini ada 35, sekarang jadi 38,” ucapnya.

Dia menjelaskan, seluruh puskesmas itu tersebar di 11 kecamatan se-Depok. Seluruh  Puskesmas merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dilengkapi dengan pelayanan 24 jam serta pelayanan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

“Penambahan jumlah puskesmas ini diharapkan dapat terus meningkatkan status kesehatan di Kota Depok,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar : (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

banyak baliho calon walikota

Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Depok Mulai Hiasi Margonda

TERPAMPANG : Baliho Bacalon Walikota dan Wakil Walikota mulai menghiasi Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji,

Read More...
protokol kesehatan SDN Cipayung 4

Meski PJJ, SDN Cipayung 4 Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

BERSIH : Kepala SDN Cipayung 4, Juanda sedang mencuci tangan di lingungan sekolahnya, Kamis (27/08).

Read More...
kelurahan duren mekar swab test

ASN Kelurahan Duren Mekar di-Swab Test

DITES : Petugas Kesehatan Puskesmas Duren Seribu melaksanakan swab test terhadap ASN dan Non ASN

Read More...

Mobile Sliding Menu