dinsos depok salurkan bantuan untuk korban banjir
SALURKAN BANTUAN : Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) sedang menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Depok. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
dinsos depok salurkan bantuan untuk korban banjir
SALURKAN BANTUAN : Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) sedang menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Depok. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, melalui Dinas Sosial (Dinsos) menjamin kebutuhan pokok korban banjir. Mulai dari tempat pengungsian hingga kebutuhan pokok terdampak bencana.

Kadinsos, Usman Haliyana mengatakan, sudah membangun beberapa titik lokasi pengungsian bagi korban banjir, seperti di Kecamatan Tapos dan di Kecamatan Sawangan. “Selain itu ada juga korban yang kita evakuasi ke rumah warga sekitar yang tidak terdampak banjir,” kata Usman kepada Radar Depok, Selasa (7/1).

Selain memberikan tempat pengungsian, ucap Usman, pihaknya juga sudah memberikan makanan kepada ribuan korban banjir di Depok. Agar tidak terjadi bencana kelaparan saat banjir.

“Kami juga membagikan nasi bungkus kepada 1.700 jiwa korban banjir untuk makan siang dan malam,” tuturnya.

Dia mengungkapakan, mayoritas bantuan yang disalurkan Dinsos bersumber dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT). Bantuan tersebut disalurkan secara berkala ke 11 kecamatan dan kelurahan. Seperti pada Jumat (3/1) kemarin, pihaknya telah mendistribusikan 100 karung beras di Kecamatan Pancoranmas, 40 karung beras di Kelurahan Cilangkap, Tapos, ditamabh dengan bahan makananan lain seperti mie instan, minyak goreng, gula dan  air mineral.

Lalu, pada Sabtu (4/1) pihaknya menyalurkan tempat tidur atau  kasur, pakaian, selimut serta obat, makanan dan beras sebanyak 66 karung di 10 titik misalnya  di Kelurahan Cilangkap, Pasir Putih, Pangkalanjati Baru, Cinere dan Bojongsari Baru. Pada hari itu juga memberikan 150 paket perlengkapan sekolah, di Villa Arsip Mampang, Kecamatan Pancoranmas.

Kemudian,  pada Minggu (5/1) pihaknya bersama  Tagana dan Pol PP serta PMI tetap mengirimkan bantuan bahan makanan sebanyak 19 karung beras, beberapa biskuit kecap dan minyak goreng kepada Kelurahan Ratujaya, Jatijajar, Cinangka dan Sawangan.

“Bagi pengungsi banjir ada juga disediakan layanan  psikososial. Untuk layanan kami dibantu oleh forum anak, DPAPMK, termasuk Ketua TP PKK Elly Farida dengan memberikan dukungan dengan berkunjung ke wilayah pasca bencana,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)