Ilustrasi banjir jakarta karena depok
ILUSTRASI
Ilustrasi banjir jakarta karena depok
ILUSTRASI

 

JAKARTA – Menyikapi permasalahan banjir dan banjir, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta akan mengundang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, hingga Wali Kota Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik mengatakan, banjir besar yang meredam Jakarta tak hanya bersumber dari Jakarta saja, tetapi dari daerah sekitarnya juga. Jadi, ada kontribusi dari wilayah penyangga.

“Banjir kemarin itu kalau anda lihat ketumpahan air Katulampa begitu besar. 13 sungai yang ada di Jakarta tidak bisa menampung sehingga meluber, di samping ada curah hujan yang besar. DPRD berinisiatif untuk mengundang semua PUPR Wali Kota Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, kita akan undang para ahli tata ruang, tata kota, ahli urusan air nanti sama-sama kita pikirkan,” lanjut dia.

Menurut Taufik, mengatasi banjir tak sepenuhnya dilimpahkan ke Jakarta, tapi juga harus ditanggulangi dari daerah lain. Wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang harus menyelesaikan proyek seperti membuat bendungan dan waduk.

“Karena kalau air dibiarkan tumpah ke Jakarta, apapun yang dilakukan Jakarta pasti kena banjir. Airnya mesti disalurkan. Ayo kita sama-sama kita pikirkan bikin waduk di hulu,” kata dia.

Meski demikian, untuk melibatkan kota penyanggah dalam mengatasi banjir, Pemprov DKI Jakarta juga harus memberikan bantuan dana. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)