Empat Hari 5.196 Pelamar Nge-Hotel

In Utama
status CPNS Depok
MELENGKAPI BERKAS : Sejumlah peserta saat melengkapi pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS 2018, di Lantai 10, Kantor Balaikota Depok. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kepastian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 27 Januari 2020 bukan kaleng-kaleng. Hanya saja, khusus di Kota Depok tes  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ini, baru dimulai 11-14 Februari 2020, di pusatkan di Hotel Bumi Wiayata.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, untuk tes SKD akan dilakukan pada 11-14 Februari bulan depan. “Akan dilakukan di pertengahan Februari, selama empat hari,” kata Mary, kepada Harian Radar Depok, Jumat (17/1).

Mary mengungkapkan, SKD ini hanya dilaksanakan di satu lokasi saja, yaitu di Hotel Bumi Wiyata. “Lokasi pelaksanaan hanya di Hotel Bumo Wiyata, tahun sebelumnya di Kabupaten Bogor” beber perempuan berkacamata ini.

Dia menjelaskan, pelaksanaan SKD dimulai sejak pukul 08:00-18.00 WIB. Setiap sesi memakan waktu 90 menit. Adapun tes yang akan diberikan adalah Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, serta Tes Karakteristik Pribadi. “Semua tesnya dilaksanakan menggunakan CAT,” tegasnya.

Sementara, Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pengadaan CPNS Kota Depok, Hardiono menjelaskan, total yang mengikuti ada 5.196 pelamar. Sebelum masuk ke proses SKD total sanggahan yang masuk sebanyak 1.795 peserta dari 5.294 pelamar. Dari ribuan sanggahan yang sebelumnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) itu, sesuai dengan ketentuan persyaratan hanya ada 98 orang.

“Pengumuman yang lolos dan tidaknya bisa dilihat di website BKPSDM Kota Depok. Di sana juga sudah dijelaskan alasan tidak lolosnya. Jadi yang ikut SKD Februari ada 5.196 pelamar. Jumlah itu setelah ditambah 98 orang yang lolos sanggaha,” kata pria yang juga menjabat Sekreatris Daerah (Sekda) Kota Depok.

Menurutnya, berdasarkan Surat Pengumuman bernomor 800/06/TP.CPNS/DEPOK/2019 ini, tidak lolosnya 1.697 peserta dikarenakan masih ada persyaratan yang belum diunggah. Selain itu, ada juga yang kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan ketentuan formasi yang disyaratkan.

Terpisah, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan 425 titik lokasi (Tilok) untuk pelaksanaan SKD CPNS 2019. Seleksi sendiri akan berlangsung pada 27 Januari 2020 hingga 28 Februari 2020.

Titik lokasi pelaksanaan SKD CPNS 2019, untuk instansi pusat dan instansi daerah yang disiapkan BKN terletak di Kantor BKN Pusat, 13 Kantor Regional BKN dan 20 UPT BKN.

“Sementara untuk titik lokasi mandiri atau titik lokasi yang sarana prasarananya dibiayai oleh instansi penyelenggara rekrutmen, per 14 Januari 2020 telah terdata sebanyak 391 titik,” ujar Paryono, Plt. Kepala Biro Humas BKN, dari siaran persnya Jumat (17/1).

Penentuan lokasi pelaksanaan SKD, menurut Paryono, didasarkan atas pertimbangan memberikan kemudahan bagi peserta dalam menjangkau tempat pelaksanaan seleksi. Dia juga menjelaskan, jumlah instansi yang membuka rekrutmen untuk formasi CPNS 2019 sebanyak 521 instansi, dengan rincian 65 instansi pusat dan 456 instansi daerah.

Update per 14 Januari 2020 pukul 10:00 WIB, seluruh instansi yang membuka rekrutmen sudah melakukan verifikasi akhir seleksi administrasi ,dengan pelamar berstatus Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 3.364.867 orang,” tambah Paryono.

SKD perdana akan diselenggarakan pada 27 Januari 2020 serentak di 34 Kantor BKN, yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 13 Kantor BKN Regional, 20 UPT BKN serta sejumlah Tilok mandiri.

“Untuk Tilok BKN area Jakarta, akan bertempat di Kantor BKN Pusat yang berlokasi di Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur dan Kantor Regional V BKN Jakarta berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur,” pungkas dia. (rd)

 

Jurnalis : Fahmi Akbar : (IG : @akbar.fahmi.71), Indra Abertnego Siregar : (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

berita acara bukopin

Pemerintah dan Regulator Menjaga Bukopin Dan Dana Nasabah

Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A. Purwantono.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Bank Bukopin baru saja selesai melaksanakan

Read More...
acara muharram di pengasinan

Satpol PP Kota Depok Tidak Tahu Ada Dangdutan di Muharram Pengasinan

UNDANG ARTIS : Kegiatan peryaan 10 muharam di Kelurahan Pengasinan.  FOTO : INDRA SIREGAR /

Read More...
acara muharram di pengasinan dibubarkan

Langgar Protokol Kesehatan, Polisi Bubarkan Acara Muharram di Pengasinan

UNDANG ARTIS : Kegiatan peryaan 10 muharam di Kelurahan Pengasinan.  FOTO : INDRA SIREGAR /

Read More...

Mobile Sliding Menu