sekolah adiwiyata SDIT Darul Abidin
SERAHKAN : Penyerahan sertifikat penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional 2019 (13/12/2019) kepada Kepala SDIT Darul Abidin oleh Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna. FOTO: MAS'UD FOR RADAR DEPOK
sekolah adiwiyata SDIT Darul Abidin
SERAHKAN : Penyerahan sertifikat penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional 2019 (13/12/2019) kepada Kepala SDIT Darul Abidin oleh Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna. FOTO: MAS’UD FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Darul Abidin mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional. Kepala SDIT Darul Abidin menyebutkan penghargaan adiwiyata ini bermula dari penghargaan adiwiyata tingkat kecamatan, kota lalu tingkat provinsi, dan tingkat nasional.

Saat ditemui Radar Depok, Selasa (7/1). Kepala SDIT Darul Abidin Mas’ud menjelaskan, sekolah melakukan empat inovasi dalam rangka maju ke tingkat nasional. Diantaranya, penggunaan limbah air wudhu untuk menyiram tanaman, penghematan listrik dengan penggunaan ac mulai pukul 9 pagi hingga 3 sore, diet plastik dengan menghimbau para murid untuk jajan menggunakan tumblr dan tempat makan sendiri, dan paperless, yakni dengan mengirim surat orang tua dan rapot tengah semester menggunakan email atau Whatsapp.

Manfaat lain dari adiwiyata ini adalah bagaimana cara kita bisa mengelola lingkungan dengan memaksimalkan pengelolaan sampah, mengurangi timbunan sampah, melakukan penghematan energi.

“Akan tetapi adanya adiwiyata ini bukan hanya sekadar untuk tampilan sekolah saja, melainkan juga bagaimana cara menginternalisasikan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan kepada anak-anak.” katanya.

Dia menambahkan, SDIT Darul Abidin sudah lama menerapkan peraturan Leaves for a week, yakni  setiap tahun ajaran baru tiap siswa baru diminta membawa satu tanaman dalam rangka memperkenalkan kebiasaan di sekolah ini. Setiap senin juga dibuat peraturan bagi kelas ganjil mengikuti upacara dan yang genap membersihkan area kelas, koridor, dan merawat tanaman, begitupun sebaliknya.(rd)

 

Jurnalis : Tanya

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)