Gus Solah Kenang Achmad Sjaichu

In Metropolis
gus solah kenang achmad sjaichu
TAUSIYAH : KH. Salahuddin Wahid saat memberikan tausiyah di Haul Akbar ke-25 di Pesantren Al-Himidiyah, Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Almarhum KH. Achmad Sjaichu dikenal sebagai sosok yang kuat dan ayah yang merangkul keluarganya, meski di tengah kesibukannya berpolitik maupun berdakwah.

Di mata KH Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah, sosok almarhum Achmad Sjaichu merupakan tokoh yang sejak lama aktif di berbagai bidang. Mulai dari politik, keagamaan, dan figur Kyai kharismatik.

Gus Solah menilai, Sjaichu juga dikenal sebagai Ketua DPR RI pada masa kabinet Gotong Royong. Ia juga pernah menjadi Ketua Fraksi Nahdlatul Ulama (NU) pada tahun 1957.

“Kyai Sjaichu itu politisi dan pebisnis yang andal. Punya toko sepatu juga di Surabaya,” terangnya.

Gus Solah menuturkan, Sjaichu memiliki visi ke depan yang baik dan berani berkorban sehingga kehidupannya selalu berhasil. Mengenal Sjaichu dari pertemanannya dengan putri sulungnya, Maryam Chairiyah, Gus Solah menilai Sjaichu memiliki kemauan yang keras.

Achmad Sjaichu merupakan pendiri Pesantren Al Hamdiyah pada 17 Juli 1988. Semangat Alm. Sjaichu didukung Almh, Solchah, istrinya, yang semakin mendorong niat Sjaichu untuk membangun pesantren.

Pada tahun 1980, Sjaichu membeli sebidang tanah di Rangkapanjaya, Depok, dimana Pesantren Al-Hamidiyah berdiri. Akhirnya, pesantren tersebut dibangun pada tahun 1987 yang diproses menantunya, Dr. Fahmi.

Putra tertuanya KH. Imam Susanto Sjaichu kini meneruskan perjuangan sang ayah mempertahankan pesantren sejak tahun 1995—sekarang. Imam menjelaskan betapa sang ayah selalu menanamkan nilai-nilai keagamaan pada ketujuh anaknya.

“Setiap malam bapak selalu baca Alquran sampe pagi,” ujarnya kepada Radar Depok. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

penertiban masker di kecamatan bojongsari

66 Pelanggar Terjaring di Kecamatan Bojongsari

HUKUMAN : Anggota Satpol PP Kota Depok saat memberikan sanksi sosial kepada pelanggar yang tidak

Read More...
Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida

Istri Walikota Depok Positif Covid-19

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Awan mendung seakan menghiasi langit PKK

Read More...
Robot ikut sosialisasi masker

Berkostum Robot, Polsek Cimanggis Hebohkan Sosialisasi Masker

UNIK : Anggota Polsek Cimanggis adakan sosialisasi masker dengan menggunakan kostum unik, di depan kantor

Read More...

Mobile Sliding Menu