Imam Budi Hartono
Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Imam Budi Hartono.
Imam Budi Hartono
Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Imam Budi Hartono.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat (Jabar), Imam Budi Hartono mendukung wacana pembangunan moda transportasi massal berbasis rel (Monorel) yang didengungkan Walikota Depok, Mohammad Idris.

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, jika ada yang berasumsi proyek tersebut mustahil dibangun di Kota Depok, ia menegaskan bahwa Kota Sejuta Maulid bisa mewujudkannya dengan membangun komunikasi dengan pemerintah pusat dan Jawa Barat.

“Bisa dibangun, yang membangun pusat dan bekerjasama dengan pihak ketiga,” ujar Imam kepada Radar Depok, Rabu (29/1).

Wakil Ketua Karang Taruna (Katar) Jabar ini menilai, sah saja jika kepala daerah memiliki keinginan membangun moda transportasi massa yang lebih baik bagi warganya. Sebab, persoalan yang dihadapi Depok sendiri adalah kemacetan.

“Selain itu, transpotasi massal yang nyaman, wajib bagi kepala daerah memperjuangkannya. Jika ini proyek pusat harus mendapat dukungan penuh dari walikota dan mendukung,” tegasnya IBH, sapaannya.

Masalah Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Depok belum ada, berdasarkan pengalaman kandidat tiga besar Calon Walikota hasil Pemilihan Umum Internal Raya (Pemira) DPD PKS Kota Depok ini, di Jabar sudah terjadi, di mana beberapa proyek pusat yang menabrak RTRW Jabar.

“Misalnya, Pelabuhan Patimban, kita diminta ubah RTRW secara parsial, Kereta Api cepat Jakarta-Bandung dan  Rencana bandara karawang, kita dipaksa oleh pusat harus ada di RTRW Jabar,” ungkapnya.

Karenannya, menurut IBH, tidak ada yang mustahil untuk dilakukan pemerintah pusat. Bahkan, ia setuju, kedepannya Depok bisa dibangun monorel sepanjang Tol Cijago dan ia berharap agar wacana tersebut dapat direalisasikan.

“Saya sebagai Ketua Komisi 4 DPRD Jabar, bidang pembangunan dan Dapil Kota Depok-Kota Bekasi akan menindaklanjuti rencana tersebut. Nanti akan dibicarakan antara pusat, provinsi dan kota. Di Bandung sendiri ada tujuh koridor yang akan dibangun monorel,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)