peresmian jembatan citayam
RESMIKAN JEMBATAN : Walikota Depok Mohammad Idris sedang melakukan prosesi peresmian Jembatan Citayam. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota Depok akhirnya meresmikan Jembatan Citayam yang sudah lama rampung. Jembatan ini diharapkan warga dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di lokasi tersebut.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya mengapresiasi Perangkat Daerah (PD) terkait yang mampu merampungkan pengerjaan tepat waktu.

“Alhamdulillah, jembatan penghubung antara Kelurahan Depok dan Ratujaya ini sudah bisa dilalui warga. Ini merupakan salah satu upaya Pemkot Depok mengurai kemacetan yang kerap terjadi di lokasi ini,” ujar Idris, usai meresmikan Jembatan tersebut, Selasa (31/12).

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Dadan Rustandi menuturkan, Jembatan Citayam diyakini mampu menopang bobot kendaraan sebesar 75 ton. Jembatan tersebut akan mampu menahan beban berbagai jenis kendaraan yang melintas setiap hari.

“Jembatan ini juga dilalui kendaraan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sering melintas, dan beratnya berton-ton. Kami antisipasi dengan membangun fondasi yang lebih kuat,” ungkapnya.

Pembuatan turap penahan jembatan juga diperhatikan sangat detail. Hal ini dilakukan agar air kali tidak mudah masuk ke rongga yang bisa menyebabkan pondasi tergerus sehingga mengakibatkan amblasnya jembatan.

“Turapnya juga kita buat baru dan lebih kokoh. Air dari kali tidak mudah masuk ke dalam rongga, setiap jengkal konstruksi kita perhatikan detail,” jelasnya.

Dadan menambahkan, untuk pembangunan jembatan pendamping tersebut, sedikitnya Pemkot Depok mengeluarkan anggaran sebesar Rp1,4 Miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dimensi lebar kiri kanan tidak terlalu berbeda. Pembangunan jembatan pendamping ini sedikit menikung. Untuk bentang kali di kiri totalnya 12 meter, bentang kanannya 10 meter. Lebar bersih 5,5 meter. Mudah-mudahan dengan adanya jembatan pendamping ini, bisa mengurai kemacetan,” pungkasnya. (rd)

 

Sekilas Jembatan Citayam : 

Ukuran:

– Bentang kali di kiri (12 meter)

– Bentang kanan (10 meter)

– Lebar bersih (5,5 meter)

 

Terhubung Wilayah:

Kelurahan Depok dan Ratujaya

 

Kekuatan:

Diyakini mampu menopang bobot kendaraan sebesar 75 ton

 

Anggaran:

Rp1,4 Miliar

(dari APBD)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar : (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)