Kekompakan Masyarakat RW13 Kelurahan Serua : Kumpulkan Sampah Plastik, Ajak Sedekah Sampah Plastik

In Satelit Depok
kekompakan warga kelurahan serua
DUKUNG : Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida didampingi aparatur Kecamatan Bojongsari, dan aparatur Kelurahan Serua, mengunjungi bank sampah di Perumahan JD RW13, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Selasa (14/1). FOTO : DICKY/RADAR DEPOK

 

Masyarakat Perumahan JD RW13, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, memiliki rasa kepedulian terhadap kebersihan, salah satunya dalam penanganan sampah plastik. Terbukti, RW13 telah memiliki rumah sampah untuk dilakukan pemilahan sampah plastik sejak 2015. Terbukti, berkat rumah pilah masyarakat RW13 melakukan gerakan Sadaqah Sampah yang nantinya diperuntukkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

RADARDEPOK.COM – Enam blok dari pintu gerbang masuk Perumahan JD RW13, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, masyarakat RW13 tampak menyambut kedatangan Ketua TP PKK Kota Depok, yakni Elly Farida bersama aparatur Kelurahan Serua dan Kecamatan Bojongsari. Tidak jauh dari tempat penyambutan tersebut, tampak bangunan yang dipenuhi sampah plastik seperti botol yang tertata rapi.

Disela kegiatan, Ketua RW13, Tri Heriyadi mengatakan, bangunan yang dipenuhi sampah plastik berupa botol tersebut, merupakan bangunan rumah sampah milik RW13.

Rumah sampah tersebut sebagai penampungan dan pemilahan sampah plastik dari masyarakat RW13 Perumahan JD yang sudah berjalan sejak 2015. Setiap Minggunya, masyarakat mengumpulkan sampah yang nantinya akan diambil oleh delapan relawan.

“Kami telah melakukan gerakan Sadaqah Sampah yang dilaksanakan masyarakat RW13,” ujar Heri.

Heri menjelaskan, dari lima RT di lingkungan RW13 sampah plastik yang terkumpul mencapai 50 hingga 70 karung. Nantinya sampah tersebut dikumpulkan di rumah sampah yang sudah terbangun sejak 2017.

Setiap minggunya, pihaknya mampu mengumpulkan uang dari Sadaqah Sampah sebesar Rp500 ribu hingga Rp700 ribu, uang tersebut akan diberikan untuk santunan yatim maupun fuqara di lingkungan sekitar. Heri berharap, gerakan Sadaqah Sampah dapat terus berjalan, selain mengurangi jumlah sampah masyarakat dapat membantu masyarakat yang memerlukan bantuan.

Ditempat yang sama, Lurah Serua, Dion Wijaya mengapresiasi gerakan masyarakat RW13 dalam mengurangi beban sampah, melalui rumah pilah sampah.

Menurutnya gerakan tersebut memiliki multifungsi baik untuk lingkungan maupun menolong kepada sesama masyarakat yang membutuhkan. Gerakan yang dilakukan RW13 dapat menularkan kepada lingkungan lainnya untuk melakukan gerakan yang sama.

“Kami ingin kegiatan positif masyarakat RW13 dapat ditularkan kepada masyarakat lainnya di Kelurahan Serua,” tutup Dion. (*)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Santunan SMKN 1 Depok

Rayakan Muharram, SMKN 1 Depok Santuni Anak Yatim-Piatu

SOSIAL : SMKN 1 Depok mengadakan kegiatan santunan dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram

Read More...
gerabah kuatkan arus

Sisi Lain Pilkada Depok : Gerabah Kuatkan Arus, Menangkan Pradi-Afifah

KONSOLIDASI : Pengurus dan Relawan Gerabah saat melakukan konsolidasi di Balai Sarmili Depok, Minggu (30/08)

Read More...
PKB untuk pradi

Pilkada Depok : PKB Usung Pradi-Afifah

RESMI : Bakal Calon Walikota Depok, Pradi Supriatna menerima SK Rekomendasi dari DPP PKB, di

Read More...

Mobile Sliding Menu