longsor di kelurahan cimpaeun
BENCANA : Ketua RT 03/12, Umar A.R sedang meninjau lokasi longsor yang berdekatan dengan rumah warga, Rabu (8/1). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
longsor di kelurahan cimpaeun
BENCANA : Ketua RT 03/12, Umar A.R sedang meninjau lokasi longsor yang berdekatan dengan rumah warga, Rabu (8/1). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

Kendati tebing masuk wilayah Bogor, tetapi longsorannya menimpa rumah warga di RT03/12 Kelurahan Cimpaeun dan saat ini belum ada penanganan serius dari berbagai pihak.

Laporan : Lutviatul Fauziah

RADARDEPOK.COM – Hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah pada awal tahun, mengakibatkan banyaknya bencana yang terjadi, terutama di Kota Depok. Mulai dari banjir hingga longsor terjadi di beberapa titik.

Salah satunya, di RT 03/12 Kelurahan Cimpaeun. Lokasi longsor sangatlah berdekatan dengan pemukiman warga. Tentu, hal ini sangatlah berbahaya terutama pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Lokasi tebing yang menjulang tinggi, dan dibawahnya adalah pemukiman warga, bukanlah untuk sekali ini terjadi longsor di wilayah Cimpaeun. Penanganan yang dilakukan warga pun hanya sebatas kemampuan dan dengan bahan seadanya.

Hanya dengan bambu dan barang sisa pakai, dijadikan pembatas agar tanah tidak langsung menghujam pemukiman warga.

“Sebenarnya, ini sudah masuk wilayah Bogor. Tetapi, yang tertimpa ini masih warga Cimpaeun, jadi menjadi tanggung jawab kita semua,” ucap Ketua RT 03, Umar.

Saat ini pun, rumah yang berdekatan dengan lokasi longsor tesebut sedang dikosongkan. Untuk meminimalisir adanya lonsor susulan jika hujan deras kembali melanda Depok.

“Untuk bantuan sendiri sudah banyak berdatangan, mulai dari Lurah, Polsek dan pihak-pihak lain yang memberikan bantuan kepada korban,” lanjutnya.

Walaupun bantuan untuk korban sudah banyak berdatangan, tetapi untuk perbaikan yang benar belum sama-sekali tersentuh. Sehingga masyarakat sekitar masih merasa cemas bila hujan kembali turun.

Walaupun dalam kejadian ini tidak memakan korban jiwa, tetapi jika terus dibiarkan maka berpotensi terjadi longsor susulan yang lebih membahayakan.

Masyarakat sekitar juga meminta, agar kejadian ini segera ditangani oleh pihak yang bersangkutan, baik dari Bogor maupun dari Depok. Agar tidak membahayakan serta memakan korban jiwa. (*)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)