evakuasi banjir di kelurahan pondok cina
BANJIR : Proses evakuasi yang dilakukan saat banjir terjadi. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK
evakuasi banjir di kelurahan pondok cina
BANJIR : Proses evakuasi yang dilakukan saat banjir terjadi. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, BEJI – Banjir yang dialami oleh warga bantaran Sungai Ciliwung, lingkup RT4/1, RT2/2, dan RT4/6, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji mulai berangsur surut.

Ketua RT2/2, Mulyadi mengatakan, dari ketiga RT tersebut, total ada sekitar 77 kepala keluarga, atau tepatnya 289 jiwa yang terdampak banjir.

“Hujan turun sekitar pukul empat sore pada selasa, 31 Desember 2019, dan mulai reda pukul sepuluh pagi, pada 1 Januari 2020.  Pasca reda inilah air Ciliwung meluap dan debit air naik dengan cepat,” ungkapnya kepada Radar Depok, Kamis (2/1).

Mulyadi menjelaskan, dirinya dan warga setempat sudah siap dengan kehadiran banjir tersebut. Dirinya dan seluruh warga membangun Posko bantuan di Jalan Karya Bakti dekat dengan bantaran Sungai Ciliwung. Bantuan tersebut berupa nasi dan lauk yang dimasak oleh para warga sendiri.

“Adapun bantuan dari Pak Bahrudin, selaku Lurah Pondok Cina, dan Pak Anis Fathoni, selaku Camat Beji. Ada juga dana dari Pak Pradi, selaku Wakil Walikota Depok yang belum dibuka berapa dana yang dicairkan,” tambahnya.

Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Mulyadi juga mengatakan, sementara ini besaran kerugian belum terdata.

“Alhamdullillah pasca banjir juga ada Dinas Sosial Kota Depok, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Koramil 2 Beji, dan TNI AD turut menyambangi lokasi bencana,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)