Mega Tunda Rekom Depok

In Politika
Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sudah mengantongi 44 pasangan calon pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di 270 provinisi, kabupaten dan kota. Sayangnya, titah Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri belum dikeluarkan untuk Kota Depok.

Sekjen DPC PDIP Kota Depok, Ikravany Hilman, saat ini masih bersama dengan Gerindra, tinggal menunggu dari PDIP siapa kandidatnya yang masih berproses di internal partai berlambang kepala banteng tersebut.

“Sementara di Gerindra juga berproses di internal. Mudah-mudahan sih tidak lama lagi, karena PDIP juga sedang menggelar Rakernas, mungkin setelah itu baru membahas terkait Pilkada,” papar Ikravany Hilman kepada Harian Radar Depok, Minggu (12/1).

Pria yang juga Anggota DPRD Kota Depok ini melanjutkan, sebelumnya dalam Rakernas ada sekitar 44 daerah yang akan dilauncing. “Tapi hari ini (kemarin) ditunda, kalau itu belum termasuk Depok,” tegasnya.

Ditanya terkait sejumlah kader yang memasang foto profil Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna pada status whatsApp, Ikra menegaskan bahwa di DPC sendiri masih memberikan dukungan penuh kepada Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok tersebut.

“Kalau di PDIP kan, mau pasang foto lain ya silahkan saja. Tapi kalau sudah ada tandatangan Ibu Mega (Ketum PDIP, Megawati Soekarno Putri) dan kata  Bu Mega, jangan atau dia saja yang jadi Walikota, ya kita tunduk semuanya,” kata Ikra –sapannya-.

Saat ini, Ikra menambahkan, yang mau didorong dan memberikan gambaran ke DPP bahwa di DPC atau di bawah dinamikanya seperti ini. “Pasti dilihat soal ini,” ucap Ikra.

Sementara Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan Megawati Soekarnoputri membuka diri terhadap kader muda yang ingin maju pada Pilkada Daerah (Pilkada) 2020.

“Ibu (Mega) dalam pengarahannya juga menegaskan partai membuka diri terhadap anak muda Indonesia untuk bersama dengan partai,” ujar Hasto usai penutupan Rakernas I PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (12/1).

Hasto menyebut DPP PDIP sudah mengantongi nama kader yang akan dicalonkan pada Pilkada 2020. Di antaranya pada Pilkada Surakarta (Solo) dan Medan.

“Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail. Termasuk Solo, termasuk Medan,” katanya.

Lebih lanjut, Hasto tidak membeberkan nama yang akan diusung PDIP pada Pilkada Solo. Menurut Hasto partainya membuka ruang untuk Gibran.

“Tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang begitu besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil,” ungkapnya.

Hasto mengatakan, Megawati akan menyampaikan nama-nama calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada 2020. Hasto menyebut DPP PDIP sudah merekomendasikan 44 nama calon kepala daerah.  Wilayah lainnya 127 daerah masih berlangsung proses seleksi. Termasuk daerah dengan basis pemilih kuat Solo. Hingga Medan, Sumatera Utara pun masih belum selesai dibahas termasuk Kota Depok.

“Itu adalah kewenangan Ibu Megawati Soekarnoputri akan disampaikan pada momentum yang tepat. Sebenarnya Rakernas ini juga akan merekomendasikan sekitar 44 tetapi melihat pada saat itu bagaimana banyak kepala daerah PDIP yang sedang bergiat mencanangkan tanggap darurat untuk bencana maka kemudian kami tunda. Kami lebih kedepankan kepentingan rakyat itu,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menargetkan menang 60 persen pada Pilkada 2020 yang digelar di 270 provinsi dan kabupaten/kota. Target itu berdasarkan keputusan Kongres PDIP.

Target itu disampaikan Megawati dalam arahan tertutup Rakernas I PDIP, Jumat (10/1). Mega memberi arahan untuk mengkonsolidasikan daerah-daerah yang sudah dipetakan. (rd/net)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah, Fahmi Akbar (IG : @akbar.fahmi.71)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Kantor kecamatan tapos tutup

Ditemukan Satu Kasus Positif, Kantor Kecamatan Tapos Ditutup

SEPI : Suasana kantor Kecamatan Tapos yang mulai di tutup hari ini, Kamis (3/9). FOTO

Read More...
Pmi di smk taruna bakti

Hari Jadi PMI : Jumlah Pendonor di Depok Berkurang Karena Covid-19

GERAKAN : PMI Kota Depok memfasilitasi kegiatan donor darah di SMK Taruna Bhakti, Kecamatan Cimanggis,

Read More...
sosial distance

KPU Gandeng Dinkes untuk Protokol Kesehatan Pendaftaran Pilkada Depok

ILUSTRASI : Social distancing dianggap bisa meminimalisir wabah penyebaran Korona.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna mencegah penyebaran

Read More...

Mobile Sliding Menu