Normalisasi Situ Solusi Cegah Banjir

In Metropolis
situ rawa besar kerap banjir
PENAMPUNGAN AIR : Warga beraktifitas di kawasan Situ Rawa Besar, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Kamis (9/1). Pemerintah Kota Depok mengharapkan 23 situ yang ada di normalisasi dengan serius, sehingga bisa menjadi daya tampung air untuk mengantisipasi banjir. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Cuaca beberapa waktu ke depan, terpantau akan turun hujan. Intensitasnya dari ringan sampai deras. Belajar dari pengalaman banjir. Pemkot Depok sudah melakukan berbagai kajian agar banjir dan longsor tidak lagi terjadi di Depok. Setidaknya bisa diminimalisir.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan atas banjir yang terjadi di Depok. Masalah tata letak pembangunan di Kota Depok terpantau cukup strategis, karena berada di kawasan dataran tinggi. Sehingga, ketika air dari Sungai Ciliwung meluap, meski berimbas banjir, dinilai akan cepat surut.

“Banjir yang cukup tinggi kemarin juga, terpantau cepat surut,” ujar Pradi kepada Radar Depok, belum lama ini.

Kata dia, untuk mencegah timbulnya banjir di Depok dan di wilayah DKI Jakarta, harus dilakukan normalisasi kepada 23 situ yang ada di Depok.

“Harus ada cara untuk mengintervensi seluruh situ tersebut sehingga berfungsi sebagai daerah resapan air dan ekonomi pariwisata. Puluhan situ ini sangat luas, ada yang lima hektare bahkan mencapai puluhan meter,” jelasnya.

Dia akan meminta usulan kepada pemerintah pusat, baik secara tertulis maupun berkoordinasi langsung, untuk memikirkan strategi pemberdayaan 23 situ. Selain itu, Pemkot Depok juga telah mempersiapkan konsep perencanaan yang matang mengenai pembangunan. Baik jangka panjang maupun pendek.

“Kita siapkan blue printnya, ini untuk 50 bahkan 100 tahun kedepan mulai dari sanitasi, pedestrian, akses-akses yang tidak berbenturan untuk Kota Depok ke depan,” pungkas Pradi. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos di Depok, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu