NPW retail akuisisi pejaten village
JUAL BELI : Pejaten Village menjadi salah satu mall yang diakuisisi oleh NWP Retail. FOTO : ISTIMEWA
NPW retail akuisisi pejaten village
JUAL BELI : Pejaten Village menjadi salah satu mall yang diakuisisi oleh NWP Retail. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – PT. Nirvana Wastu Pratama (NWP Retail) telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat atau Conditional Sale and Purchase Agreement (CSPA) dengan anak-anak perusahaan Indonesia terkait dari Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT) yang perusahaan terdaftar di pasar saham Singapura. Dimana dalam perjanjian tersebut NWP Retail telah mengakuisisi dua pusat perbelanjaan dengan total harga pembelian senilai sekitar IDR 1.30 triliun atau setara dengan US$ 92 juta.

Transaksi ini meliputi dua aset ritel utama yang berlokasi di kota Tier-1/Tingkat Pertama dan Tier-2/Tingkat Kedua di Indonesia dengan tingkat okupansi rata-rata lebih dari 90 persen untuk Pejaten Village yang merupakan mal dengan luas kotor lantai bangunan (GFA) seluas 89.157 meter persegi yang terletak dekat kawasan Kemang, Jakarta. Sedangkan yang satunya lagi adalah Binjai Supermall, yang merupakan mall di Binjai, kota satelit Medan yang GFA-nya seluas sekitar 36.000 meter persegi.

Presiden Direktur dan CEO NWP Retail, Timothy Daly menjelaskan, akuisisi ini adalah sebuah langkah yang penting bagi NWP Retail untuk meningkatkan eksistensi perusahaan di pasar-pasar utama di kota Tier-1/Tingkat Pertama dan Tier-2/Tingkat Kedua di Indonesia

“Kami ingin memperkuat posisi perusahaan sebagai platform pusat perbelanjaan independen terbesar di Indonesia,” ucapnya.

Selama 4 tahun terakhir, NWP Retail telah mengembangkan platformnya mulai dari empat aset benih pada 2015 menjadi lebih dari 40 aset saat ini. Transaksi ini akan menambah area GFA perusahaan yakni sebesar sekitar 125.000 meter persegi dalam portfolio perusahaan, dan secara total NWP Retail akan berkembang dengan memiliki 1,2 juta meter persegi GFA.

“NWP Retail terus menjalankan strategi yang jelas dan konsisten sejak didirikan, yakni memanfaatkan pertumbuhan konsumsi yang kuat di Indonesia. Kekuatan unik kami terletak pada kemampuan perusahaan untuk meningkatkan value, melalui platform berskala yang dikelola dengan baik, sehingga menghasilkan sinergi pada aset-aset ritel yang berbeda dalam Perusahaan. NWP Retail akan terus mencari kesempatan untuk mengakusisi aset-aset ritel yang memiliki potensi besar dan harga yang menarik, di seluruh pasar-pasar utama di Indonesia,” katanya.

Awal tahun ini, NWP berhasil mendapatkan hampir US$200 juta dalam putaran terakhir penggalangan dana ekuitas dari Korean Teachers’ Credit Union (KTCU), CITIC Securities One-Belt-One-Road (CSOBOR) dan Warburg Pincus. Penggalangan dana tersebut adalah salah satu yang terbesar yang pernah diterima oleh perusahaan real estat swasta di Indonesia, dan akan memungkinkan NWP Retail untuk mengakselerasikan pertumbuhannya di pasar dengan modal yang terbatas di Indonesia. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)