PDIP berbagi dengan korban banjir
TURUN LANGSUNG : Bendahara DPC PDIP Kota Depok, Yuni Indriani bersama Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Depok, Imam Turidi mendistribusikan bantuan ke wilayah terdampak bencana di Kota Depok. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
PDIP berbagi dengan korban banjir
TURUN LANGSUNG : Bendahara DPC PDIP Kota Depok, Yuni Indriani bersama Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Depok, Imam Turidi mendistribusikan bantuan ke wilayah terdampak bencana di Kota Depok. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mengantisipasi bencana yang melanda Kota Depok. DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Depok mengusulkan agar Pemkot Depok menyiapkan gudang logistik. Sehingga, ketika terjadi musibah di Kota Sejuta Maulid bisa langsung bergerak dan tidak mengandalkan penggalangan bantuan semata.

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Depok, Imam Turidi. Kata dia, saat ini Depok perlu gudang logistik yang disiapkan ketika menghadapi bencana, seperti longsor dan banjir yang terjadi di awal Januari ini.

“Ini penting, sehingga bisa langsung dikoordinir dan didistribusikan ke wilayah terdampak bencana dalam hitungan jam atau bahkan kurang dari itu,” kata Imam Turidi kepada Radar Depok.

Pria yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDIP Kota Depok ini mengungkapkan, pihaknya juga terlibat langsung untuk memberikan bantuan ke korban terdampak bencana, seperti di Kecamatan Limo, Pancoranmas dan Sawangan.

“Alhamdulillah, dengan segala keterbatasan, kami bergerak serempak dan membantu korban,” ujarnya.

Anggota DPRD Kota Depok ini juga menyarankan agar Silpa Kota Depok yang besar digunakan untuk melakukan penanganan kegawatdaruratan bencana, disamping anggaran bencana yang sudah disiapkan. Tentunya, kata dia, harus ada regulasi dan koordinasi dengan pihak terkait.

“Jalin komunikasi dengan DPRD dan sampaikan ke Kementerian Dalam Negeri, apakah hal ini bisa dilakukan atau tidak. Sebab, ini masalah tanggap dan langkah cerdas pemerintah, bukan hanya menyarankan agar warga bersabar dan berdoa semata. Perlu langkah konkrit, baik sebelum bencana, saat dan pasca bencana,” pungkasnya.

Sementara, Bendahara DPC PDIP Kota Depok, Yuni Indriani menambahkan, usai memonitoring dan memberikan bantuan ke beberapa wilayah terdampak bencana, pihaknya meminta reaksi cepat dinas terkait, seperti mengirimkan bantuan hingga perbaikan infrastruktur yang rusak.

“Drainase dan turap perlu perbaikanan. Kami juga meminta agar Dinsos untuk mengirimkan bantuan seperti selimut, sembako dan mengevakuasi korban yang rumahnya sudah tidak memungkinkan untuk dihuni, itu harus ada solusi,” papar Yuni.

Pasca bencana pun, sambung Anggota DPRD Kota Depok ini, juga perlu penanganan sigap dari Dinas Kesehatan Kota Depok guna memantau kesehatan warga. Hal ini, mencegah timbulnya penyakit bagi korban terdampak bencana.

“Saya melihat dinas-dinas pun sudah mulai turun tangan. Bahkan, Satgas-satgas yang ada patut diapresiasi, mereka sudah berbuat banyak membantu korban,” tutup Yuni. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)