DPRD Jawa Barat, nur supriyanto,
PEDULI : Anggota DPRD Jawa Barat, Nur Supriyanto (mengenakan topi) saat berkunjung membersamai kader PKS bersih-bersih pasca banjir di RS Bani Saleh Kota Bekasi. FOTO : ISTIMEWA
DPRD Jawa Barat, nur supriyanto,
PEDULI : Anggota DPRD Jawa Barat, Nur Supriyanto (mengenakan topi) saat berkunjung membersamai kader PKS bersih-bersih pasca banjir di RS Bani Saleh Kota Bekasi. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bencana banjir dan longsor yang melanda sejumlah daerah di awal 2020, menjadi tanggung jawab bersama. Maka, perlu penanganan terpadu dari hulu hingga hilir dan koordinasi lintas provinsi.

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar), Nur Supriyanto usai berkunjung bersama kader PKS, untuk bersih-bersih pasca banjir, di RS Bani Saleh Kota Bekasi, Sabtu (4/1).

“Penanganan banjir, harus terpadu dari hulu ke hilir,” papar Nur Supriyanto kepada Radar Depok.

Penanganan yang dimaksud, sambung Nur, adalah perlunya kerjasama yang baik antara pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jabar dan Banten, misalnya reklamasi Sungai Ciliwung dan Cisadane, revitalisasi Situ, pembangunan drainase yang baik.

Sebab, lanjut dia, jika dilakukan secara parsial, maka hanya akan memindahkan titik banjir saja. Sehingga, perlu upaya massif, terorganisir dan koordinasi yang baik dari tiga wilayah pemerintahan tadi.

“Tidak bisa di satu wilayah saja, karena ini berkaitan dari hulu hingga hilir, jadi penanganan pun harus terintegrasi,” terangnya.

Kata dia, pemerintah kabupaten/kota pun harus tegas dalam mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan harus konsisten dengan penataan ruang.

“Butuh ketegasan dari Pemda l, hal ini erat kaitannya dengan resapan air, RTH dan juga kelestarian lingkungan,” paparnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bergelar doktor ini mengaku prihatin atas musibah yang terjadi di awal tahun 2020. Namun, bencana yang terjadi juga tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat.

“Pendidikan budaya masyarakat, untuk berperilaku yang baik, tidak membuang sampah sembarang dan menjaga lingkungan tetap hijau,” pungkasnya. (cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)