Penanganan Bencana harus Berkeadilan

In Politika
kader PDIP peduli bencana di depok
BANTUAN : Kader PDIP Kota Depok saat menyerahkan bantuan kepada korban terdampak bencana di Kampung Gedong RT03/20 Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pasca ditetapkannya status Tanggap Darurat Bencana oleh Walikota Depok. Anggota DPRD Kota Depok, Imam Turidi meminta agar penanganan terhadap wilayah dan korban terdampak bencana harus memenuhi azas kemanusiaan, kebersamaan, kepentingan umum serta  tidak ada diskriminasi.

“Saya melihat dan turun langsung, ada beberapa wilayah dan korban terdampak bencana yang belum dibantu maksimal,” kata Imam Turidi kepada Radar Depok, Minggu (12/1).

Padahal, sambung politikus PDIP ini, penanganan bencana harus berkeadilan, yakni harus memenuhi azas kemanusiaan, kebersamaan, kepentingan umum serta tidak membeda-bedakan wilayah satu dengan lainnya.

“Contohnya di Kecamatan Cinere, ketika saya menginformasikan perihal wilayah dan korban terdampak bencana, tapi malah dijawab, di poskonya belum ada bantuan dari warga. Ini kan lucu, padahal sudah ditetapkan status tanggap bencana,” geramnya.

Ia menjelaskan, sesuai dengan status tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang di Depok, dengan jangka waktu 14 hari. Sejak 1 Januari sampai 14 Januari ke depan, ada intervensi APBD untuk membantu wilayah dan korban terdampak bencana.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk itu ditunjuk Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok selaku Ex-Officio sebagai Komandan tanggap darurat bencana. Komandan itu harus segera berkoordinasi dengan instrusikan kepada perangkat daerah terkait dan lembaga lainnya dalam melakukan langkah penanganan tanggap darurat bencana.

“Sedangkan biaya yang ditimbulkan sebagai akibat ditetapkannya status tersebut, dibebankan ke APBN 2020, serta sumber-sumber lainnya yang tidak mengikat. Masa, musti menunggu bantuan dari masyarakat. Bagaimana ini di Cinere,” ketusnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP Kota Depok ini pun mengungkapkan, pihaknya terus bergotong royong dan berkontribusi positif untuk membantu korban terdampak bencana di sejumlah titik. Bahkan, hingga saat ini Baguna masih mendata kebutuhan untuk wilayah-wilayah tersebut.

“Alhamdulillah, hingga saat ini kami tetap istiqomah dan berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga apa yang kami lakukan membawa manfaat bagi mereka,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos di Depok, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu