puskesmas tugu enam lansia
BUGAR : UPTD Puskesmas Tugu adakan senam Prolanis di halaman gedung Puskesmas, Jumat (10/1). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
puskesmas tugu enam lansia
BUGAR : UPTD Puskesmas Tugu adakan senam Prolanis di halaman gedung Puskesmas, Jumat (10/1). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Membangiktkan kesehatan para warga yang sudah Lanjut Usia (Lansia), Puskesmas Tugu adakan senam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) setiap Jumat pagi dihalaman Puskesmas.

Penanggung jawab Kesehatan dan Olahraga Puskesmas Tugu, Nunung Baita mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap Jumat pagi dihalaman Puskesmas untuk meningkatkan dan mencegah penyakit bagi lansia.

“Karena pengidap penyakit kronis tidak hanya membutuhkan obat, tetapi mereka juga membutuhkan pola hidup yang sehat. Salah satunya dengan cara berolahraga,” ucapnya kepada Radar Depok, Jumat (10/1).

Untuk itu, sambung Nunung, Puskesmas Tugu mengadakan senam Prolanis sebagi salah satu untuk mewujudkan pola hidup yang sehat.

“Kegiatan ini sebenarnya untuk pasien UPTD Tugu, tetapi ada beberapa masyarakat yang ikut juga kami persilahkan,”sambungnya.

Nunung mengungkapkan, para lansia sangat antusias setiap mengikuti senam Prolanis. Dirinya juga menyebutkan, bahwa senam ini berbeda dari senam yang biasanya.

“Untuk gerakan senamnya lebih lembut, sehingga penderita penyakit kronis bisa mengikuti secara perlahan dan mampu menjaga kesehatan tubuuh serta mencegah penyakit seperti hipertensi, diabetes serta serangan jantung,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya kegian ini masalah kesehatan lansia dapat berkurang bahkan dapat teratasi.

“Karena lansi mudah terjangkit, maka dnegan adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas dapat menekan peningkatan jumlah penyakit kronis dikalangan lansia,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)