Reynhard ‘Ngondek’ Sejak SMP

In Utama
rumah reynhard sinaga di depok
SEPI : Sejumlah awak media melihat kediaman orang tua Reynhard Tambos Maruli Tua Sinaga di kawasan Jalan Dahlia, No.16, RT03/RW11 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Selasa (7/1). Reynhard diputus hukuman seumur hidup oleh Pengadilan Manchester Inggris atas kasus pemerkosaan terhadap 190 pria. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Publik dunia dihebohkan dengan aksi tak terpuji Reynhard Sinaga yang melakukan pelecehan seksual terhadap 195 pria di Manchester, Inggris. Hingga akhirnya ia divonis hukuman seumur hidup.

Pria kelahiran Jambi yang sempat tinggal di Kota Depok disebut sebagai predator seks terbesar di Inggris, bahkan dunia. Setelah vonis tersebut, banyak warga yang ingin mengetahui siapa sebenarnya Reynhard. Diketahui ia besar dari keluarga berada di Kota Depok.

Penelusuran Radar Depok, rumah orang tuanya Reynhard terletak di Jalan Dahlia Nomor 11 RT01/RW05 Kelurahan Pancoranmas. Rumah tersebut paling besar di kawasan itu, bahkan masih dalam kawasan dengan graha dan convention hall Ronatama seluas tiga hektare.

Di dalamnya terdapat rumah, convention hall, balai pertemuan, serta tanah luas. Sekeliling rumah tertutup pagar dan tembok tinggi, sehingga menyulitkan tamu yang datang. Kecuali seizin petugas keamanan.

“Iya itu rumah SS (orang tua Reynhard, red), sudah dua tahun tinggal di situ. Tapi saya tidak kenal Reynhard,” ucap petugas keamanan Jalan Dahlia, Anton, Selasa (7/1).

Terpisah, Ketua RT3/RW11 Kelurahan Depok, Abraham Jonatan membenarkan bahwa rumah orang tua Reynhard berada di lingkungannya. Menurutnya, SS sudah empat tahun tinggal di rumah tersebut. “Betul itu rumah pak SS,” kata Abraham kepada Radar Depok.

Keluarga SS memiliki empat orang anak, salah satunya Reynhard yang tinggal di Inggris. “Pak SS memiliki empat anak, cowok tiga orang dan cewek satu. Saya tidak kenal anaknya. Hanya satu anak sedang kuliah di Inggris yaitu anak kedua, waktu ngobrol sama pak SS,” tuturnya.

Sementara penjaga rumah yang enggan namanya dikorankan mengaku, rumah itu memang milik orang tua Reynhard. Setelah Reynhard berkasus, kedua orang tuanya telah lama berada di London.

“Iya ini memang benar rumah Reynhard. Tapi orangtunya lagi pergi ke luar negeri,” singkatnya.

Penulusuran pun dilanjutkan ke sebuah ruko empat lantai di Jalan Margonda No88-D. Di lokasi tersebut terdapat jasa pelayanan travel dengan nama Ronatama Travel, yang diduga milik ayah Reynhard Sinaga berinisial SS.

Terdapat empat pegawai yang dimintai keterangan, namun mereka mengaku tidak pernah menemui pemilik travel. Para pegawai tersebut juga tidak memberi kepastian kapan pemilik tersebut akan datang ke kantor. Menurut pengakuan salah satu karyawan Ronatama Travel, pemilik travel yang ada di samping SPBU Pertamina itu hampir tidak pernah ke kantor.

Ronatama Travel atau PT Ronatama Trans Mandiri diduga berkaitan dengan SS yang merupakan ayah dari Reynhard. Pasalnya setiap bisnis yang dijalani SS diberi nama Ronatama, seperti Graha Ronatama Convention Hall, dan PT BPR Ronatama Mandiri.

Selain itu, Reynhard diketahui bernama lengkap Reynhard Tambos Maruli Tua Sinaga merupakan pria kelahiran Jambi 19 Februari 1983. Sedangkan berdasarkan keterangan dari salah satu guru yang enggan namanya disebutkan dan pernah mengajar di SMPN 2 Depok, menyebutkan Reynhard adalah siswa yang tidak terlalu menonjol.

“Reynhard tidak terlalu mencolok, dia seperti siswa pada umumnya,” terang guru yang enggan disebutkan namanya ini.

Guru yang sudah pensiun sejak 2016 ini mengatakan, di masa sekolah Reynhard memang tampak kemayu alias ngondek untuk ukuran seorang pria. Namun, itu dilakukan saat bersama teman-temannya saja, sedangkan ketika berhadapan dengan guru dia bisa saja.

“Anaknya agak kemayu, tapi tidak menonjol di kalangan siswa,” ungkap guru yang sudah mengajar di SMPN 2 Depok sejak tahun 1993.

Reynhard merupakan alumni dari SMPN 2 Depok tahun 1998, dan SMAN 1 Depok tahun 2001. Meski begitu, berdasarkan keterangan dari teman sekolah Reynhard di masa SMP, ia tidak menunjukkan gelagat ketertarikan terhadap seorang pria. Bahkan ia menilai Reynhard adalah sosok menyenangkan dan menghibur.

“Dia orangnya senang tertawa. Saya terkejut, sekarang dia kena kasus pemerkosaan yang menggemparkan di Inggris,” ucapnya kepada Radar Depok, Selasa (7/1).

Temannya tersebut juga menjelaskan, kalau Reynhard juga adalah sosok yang cukup pintar di masa sekolah. Dia pun sempat mengaku terakhir berkomunikasi sejak masa kuliah, dimana Reynhard berkuliah di UI.

“Semoga saja kasus yang menjerat Reynhard bisa berjalan dengan baik dan lancar. Serta diberikan kesehatan mental dan fisik menjalani hukumannya,” terangnya.

Sementara itu, Reynhard masih tercatat sebagai warga Kota Depok. Pria berusia 36 tahun itu masih memegang KTP Depok, Jawa Barat. “Iya betul penduduk Depok,” kata Kasie Identitas Disdukcapil Kota Depok, Jaka Susanta.

Jaka enggan memberikan informasi lebih lanjut terkait kependudukan Reynhard. Namun, Jaka menyebut bahwa Reynhard sudah lama tercatat sebagai warga Kota Depok. “Saya kurang tahu pastinya, yang jelas sudah lama lah di Depok. Saya enggak ngecek sampai detailnya, tapi yang jelas masih warga Depok,” tuturnya. (rd/net)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

DMC bantu wartawan depok

DMC dan JJI Beri Bantuan Wartawan Depok

SALURKAN : Depok Media Center (DMC) menyalurkan bantuan paket sembako dari Jurnalis Jelajah Indonesia (JJI).

Read More...
pengusaha depok berikan rapid test

Pengusaha Asal Depok Donasikan 5.000 Alat Rapid Test

PEDULI : Pengusaha asal Depok, Diana Dewi, saat mendonasikan 5000 alat rapid test ke Pemkot

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Tambah 185 Kasus Positif Virus Korona, DKI Tetap Jadi yang Tertinggi

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berdasarkan data dari Pemerintah, Senin (20/04) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 185

Read More...

Mobile Sliding Menu