kolaborasi RW dan anak di cimpaeun
LIBUR SEKOLAH : Keempat anak sedang asyik belajar bersama mewarnai hingga membuat komik untuk mengisi liburan mereka, di kediaman pengurus RW 20 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
kolaborasi RW dan anak di cimpaeun
LIBUR SEKOLAH : Keempat anak sedang asyik belajar bersama mewarnai hingga membuat komik untuk mengisi liburan mereka, di kediaman pengurus RW 20 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

Mengasah kreasi dan kemampuan di usia dini telah menjadi perhatian khusus kepengurusan RW 20 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. Libur anak sekolah dimanfaatkan dengan menggali potensi menggambar, mewarnai, hingga membuat komik sesuka hati.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM – Terjadwal selama libur sekolah berlangsung, dalam satu minggu sekali kegiatan mengasah kemampuan anak-anak dalam dunia imajinasi kini menjadi kerjaan tambahan para pengurus RW 20.

Kini mereka harus menyiapkan beberapa materi yang tepat untuk memberi stimulus kepada anak-anak agar liburan mereka tetap produktif.

“Konsepnya belajar dan bermain. jadi kami hanya jadwalkan hari dan jam saja. setelah itu mereka belajar bersama dengab teman sebaya tapi tetap dalam bimbingan pengurus atau warga yang bersedia,” papar Koordinator Kepala Rumah Tangga RW 20, Doel Malik.

Kegiatan ini mulai Minggu (29/12) kemarin, dengan di diaman Doel sebagai awal mula belajar bersama berlangsung.  Keceriaan terpancar saat mereka duduk bersama, awalan hanya ada empat anak dari tiga RT yang terdapat di RW20.

Sejauh ini, para anak masih menggunakan perlengkapannya sendiri, mulai dari buku tulis, buku mewarnai, atau buku gambar untuk membuat kartun, sampai ke alat tulis.

“Yang menurut saya penting adalah kita mau mengajak mereka ambil bagian penting untuk mengisi kegiatan selama libur sekolah. ternyata mereka senang, ceria. Alhamdulilah kita juga ikut senang,” tambahnya.

RW20 yang berada di Permata Cimanggis Cluster Jamrud, ternyata mereka tak berhenti sampai di situ, libur sekolah juga dimanfaatkan dengan membuat video vlog karya anak-anak. dengan tema ‘seberapa nyaman kamu tinggal disini’.

Ketua RW20 Dondy Anugrah usai memberi pendampingan pada anak-anak mengatakan kami ingin memberdayakan para remaja untuk lebih aktif mengeksplore tempat tinggal mereka sehingga menarik.

“Mereka harus bekreasi dengan teknologi zaman sekarang, gunakan vlog. sekaligus biar mereka bisa terus berkarya menggunakan video, foto, dan lainnya,” ucap Dondy.

Video vlog dibagi menjadi dua usia, yaoitu 1-6 tahun dan 7-11 tahun. soal penilaian akan segera dirembukan soal apa saja yang menjadi penilaian, namun semua semata untuk memberikan motivasi mereka, tapi karya yang mereka hasilkan jauh lebih penting dari hadiah. (*)

 

Editor :Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)