Serapan APBD Irda Depok Meningkat

In Metropolis
serapan APBD Irda
TERIMA PENGHARGAAN : Inspektur pada Irda Kota Depok, Firmanuddin (tengah) saat menerima penghargaan  Maturitas SPIP Level 3 dan Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 dari BPKP RI. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok terus meningkatkan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok.

Terbukti, pada tahun anggaran 2019 ini Irda Kota Depok berhasil menyerap anggaran sebesar 95,19 persen. Penyerapan tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2018, yang hanya 82,70 persen.

Inspektur pada Irda Kota Depok, Firmanuddin menuturkan, Irda Kota Depok pada tahun 2019 mengelola anggaran sebesar Rp11,8 Miliar. Anggaran tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp9,2 Miliar.

“Rincian anggaran tahun ini, Belanja Tidak Langsung (BTL) sebanyak Rp8,9 miliar dan Belanja Langsung (BL) Rp2,2 miliar,” tutur Firmanuddin kepada Radar Depok.

Dia mengungkapkan, anggaran tersebut digunakan untuk  mengakomodir kegiatan pengawasan, yang terbagi dalam lima tugas pokok fungsi. Di antaranya audit, evaluasi, pemeriksaan atau review, pemantauan, dan pengawasan lainnya.

“Selain kegiatan, di dalamnya juga sudah termasuk pembiayaan Pos Belanja Pegawai,” bebernya.

Dia menjelaskan, berbeda dengan Perangkat Daerah (PD) lainnya, yang masing-masing bidang di Irda bisa mengelola anggaran. Di dinas yang ia pimpin, pengelolaan anggaran terpusat di Sekretaris.

“Kalau Irda Kota Depok anggarannya terpusat di sekretaris,” tuturnya.

Irda memiliki beberapa kegiatan yang dilaksanakan, yaitu audit kinerja, evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, review perencanaan dan laporan kinerja PD, serta monitoring dana bantuan dari pemerintah pusat.

Termasuk juga, kegiatan pengawasan lainnya, seperti penyuluhan, konsultasi, serta pendampingan reformasi dan zona integritas.

“Dengan capaian positif ini, mudah-mudahan kita bisa meningkatkan di tahun 2020,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

tasyakuran PAN depok

Apapun Kata Pusat, PAN Depok Patuh 

ACARA : Ketua DPD PAN Kota Depok, Igun Sumarno, saat tasyakuran HUT ke-22 PAN di

Read More...
ASN Tapos swab test

27 ASN Tapos Tes Swab

SEHAT : Aparatur Kecamatan Tapos, mengikuti pemeriksaan Swab, di aula Kantor Kecamatan Tapos, Jumat (28/08).

Read More...
keputusan partai gelora

Gelora Indonesia Masih 50:50

DISKUSI : Pengurus dan Kader Partai Gelora Indonesia usai Ngobrol Santuy Seputar Pilkada Depok dan

Read More...

Mobile Sliding Menu