SMPN 3 Depok Terapkan HOTS

In Pendidikan
Program SMPN 3 Depok
KEGIATAN : Terlihat beberapa siswa yang berkumpul setelah melakukan KBM, Kamis (9/1). FOTO : TANYA AUDRIATIKA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – SMPN 3 Kota Depok telah menerapkan sebuah program High Order Thinking Skills (HOTS), yaitu cara anak agar bisa memahami sebuah permasalahan serta memecahkan masalah.

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 3 Depok, Erna Iriani. Selain itu lanjutnya, menyambut Ujian Nasional Kelas IX akan diadakan penambahan waktu belajar selama satu jam, di empat mata pelajaran yang akan diujikan. Di antaranya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. UN sendiri akan dilakukan pada April 2020.

“HOTS ini bukan hal yang mudah, kita juga memberikan pemantapan dan pelatihan kepada gurunya di sekolah dengan mendatangkan ahli melalui MGMP,” ungkap Erna kepada Radar Depok.

Kemudian, untuk sistem penilaian, sekolah ini sudah berbasis online sejak 2019. Semisal ketika ulangan, siswa hanya tinggal membuka account dan langsung dapat mengerjakan soal tersebut, dan langsung bisa melihat nilai yang didapat. Begitu juga dengan pembagian rapor dan pengumpulan tugas sekolah, semua sudah melalui online.

Ia juga berharap, anak-anak yang memang sangat melekat dengan penggunaan gawai ini dapat menggunakannya dengan sebaik mungkin. Guru juga diwajibkan untuk menggunakan gawai.

“Sekolah juga memiliki program BKTIK (Bimbingan dan Konseling untuk TIK). Jika ada anak yang merasa tidak atau kurang mengerti komputer, boleh meminta waktu kepada bapak/ibu guru IT untuk diajarkan,” lengkapnya.

Erna juga menambahkan, hingga bulan ini siswa SMPN 3 Depok sudah menyabet sekitar 123 kejuaraan baik akademik maupun non akademik. Diantaranya, Juara Olimpiade Matematika tingkat Nasional, Juara Karateka tingkat Nasional, Juara BMX Asia di Belgia, dan masih banyak lagi. (rd)

 

Jurnalis : Tanya Audriatika

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

kuda depok bagian maskert

Ini Aksi Kuda Depok Saat Dampingi Idris-Imam Daftar ke KPU

AKSI SOSIAL : Relawan Pendukung Idris-Imam, Kuda Depok memberikan masker kepada pengguna jalan di Raya

Read More...
partai demokrat bagikan masker

Kawal Pendaftaran Idris-Imam, Demokrat Bagikan Handsanitizer dan Masker

BERIKAN : Kader Demokrat saat memberikan masker dan handsanitizer di sekitar kantor KPUD Kota Depok,

Read More...
imam budi pamitan

Daftar ke KPU, IBH Pamit sebagai Dewan

Imam Budi Hartono.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Mendaftar  ke Kantor KPU Kota Depok, di jalan Kartini Raya,

Read More...

Mobile Sliding Menu