Reynhard Sinaga
Reynhard Sinaga.
Reynhard Sinaga
Reynhard Sinaga.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Warga Negara Indonesia (WNI) Reynhard Sinaga divonis seumur hidup atas kasus pemerkosaan terhadap ratusan pria yang dilakukannya di Manchester, Inggris.

Reynhard tak hanya menempuh studi di Inggris, dia justru nyambi sebagai predator seks memangsa para milenial pria. Sebagai alumnus Universitas Indonesia (UI) jurusan arsitektur Fakultas Teknik, tentunya hal itu mengejutkan pihak kampus tersebut.

Kepala Humas dan Komunikasi Informasi Publik (KIP) UI Rifelly Dewi Astuti memberikan tanggapan tertulis atas kasus Reynhard Sinaga. Pihak UI membenarkan Reynhard sebagai alumnus mereka.

“Sehubungan dengan kabar adanya putusan Pengadilan Manchester, Inggris, yang menghukum pelaku kejahatan seksual yang dilakukan WNI, dapat kami sampaikan bahwa UI mengutuk perbuatan tersebut sebagai perbuatan biadab dan bertentangan dengan hukum serta kemanusiaan,” tutur Rifelly kepada Radar Depok, Selasa (7/1).

Pihaknya sekaligus ikut prihatin atas peristiwa yang dialami para korban. Sebab tercatat ada 195 pria yang menjadi korban perilaku seks menyimpang Reynhard Sinaga. “UI menghormati putusan pengadilan tersebut,” ujarnya.

Rifelly menambahkan bahwa meski yang bersangkutan alumnus UI, perbuatannya sama sekali tidak terkait dengan statusnya sebagai keluarga alumni UI. Pihak kampus selama ini tetap berupaya mencetak generasi yang unggul dan bermartabat.

“UI sebagai lembaga pendidikan tetap berkomitmen melaksanakan tugas pengajaran dan pendidikan utamanya mendidik generasi muda yang berintelektual tinggi dan berbudi luhur selaku penerus bangsa,” tegas Rifelly.

Sebelum menempuh pendidikan di UI, ternyata Reynhard pernah sekolah di SMA Negeri 1 Kota Depok. Pihak sekolah mengaku terkejut dengan kabar salah satu alumninya dihukum seumur hidup atas kasus pelecehan seksual di Manchester, Inggris.

Kepala SMAN 1 Depok, Supyana mengaku, tidak mengenal secara langsung sosok Reynhard. Tetapi berdasarkan data yang ada di sekolah tersebut, Reynhard merupakan alumni tahun 2001. “Reynhard ini lulusan tahun 2001, dia anak IPA,” ucap Supyana kepada Radar Depok, Selasa (7/1).

Reynhard mengatakan, ketika Reynhard masih sekolah di sana, dia belum mengajar di sekolah tersebut. “Bahkan guru-guru yang pernah mengajar dia sudah pada pensiun. Jadi kita tidak tahu info lebih lanjut bagaimana tindak tanduk Reynhard,” bebernya.

Reynhard juga ternyata pernah mengenyam pendidikan di SMPN 2 Kota Depok. Salah satu guru, Alif mengaku, sudah mendengar berita tentang kejahatan Reynhard yang diinfokan mantan siswa di sekolah itu. Tapi dia belum dapat memastikan kebenarannya.

“Kita sudah denger sih infonya dia alumni di sini, tapi kita belum tahu pasti karena datanya masih dicari,” tutur Alif kepada Radar Depok.

Dia mengaku saat ini pihaknya masih melakukan pencarian berkas-berkas atas nama Reynhard di sekolah, guna memastikan ia merupakan alumni di sana. “Datanya masih kita cari,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah), Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)