UI berbagi dengan korban banjir
BANTU : UI Peduli berikan bantuan dan psikoedukasi kepada anak-anak diposko pengungsian RT 05/07 Pasir Gunung Selatan. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
UI berbagi dengan korban banjir
BANTU : UI Peduli berikan bantuan dan psikoedukasi kepada anak-anak diposko pengungsian RT 05/07 Pasir Gunung Selatan. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Universitas Indonesia (UI) Peduli turunkan 12 relawan untuk berikan bantuan dan psikoedukasi pada anak-anak korban banjir di posko pengungsian RT 5/7, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis.

Kasi Pengabdian Masyarakat, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat UI, Lenny Maykel Mulyawati mengungkapkan, bantuan dan psikoedukasi adalah kegiatan rutin jika terjadi bencana nasional.

“Saat ini kita ada tiga titik, yaitu Depok, Bekasi dan Jakarta dan kami menurunkan 12 relawan yang terdiri dari kesehatan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan juga teman-teman dari Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L),” ucapnya kepada Radar Depok, Minggu (5/1).

Ia juga menjelaskan, dalam kegiatan ini UI Peduli memberikan logistik, seperti sembako, alat kebersihan, permainanan anak-anak serta alat edukasi. Ada juga psikoedukasi bagi anak-anak yang berisi permainan dan mengambar, serta pemberian snack dan alat tulis kepada kurang lebih 30 anak.

Tak hanya itu, UI Peduli juga adakan pemeriksaan tekanan darah bagi masyarakat yang terkena dampak dari banjir serta melakukan penyuluhan kesehatan.

“Penyuluhan yang kami lakukan yaitu tentang cara cuci tangan yang baik untuk anak-anak, sedangkan untuk ibu-ibu kami berikan edukasi tentang bagaimana aman dan sehat saat terjadi banjir,” jelasnya.

Lenny berharap, warga setempat dapat kembali berkativitas seperti biasa dan anak-anak dapat kembali bermain dengan dengan gembira.

“Semoga kami bisa terus bersinergi dengan masyarakat setempat, Lurah, Damkar dan UI peduli dapat memberikan manfaat dan membantu Pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)