bantuan untuk warga kelurahan beji timur
PEDULI : Anggota Karang Taruna sedang membagikan nasi bungkus dan air mineral kepada korban banjir. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK
bantuan untuk warga kelurahan beji timur
PEDULI : Anggota Karang Taruna sedang membagikan nasi bungkus dan air mineral kepada korban banjir. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, BEJI – Warga bersama Karang Taruna, memberikan bantuan untuk korban banjir, di areal Situ Rawa Besar, RW13, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji.

“Bantuan yang diberikan berupa nasi bungkus, air mineral, dan sembako. Sembakonya akan kami bagikan siang nanti, sekarang kami akan membagikan 60 nasi bungkus dan air mineral di setiap rumah yang terimbas banjir,” kata Ketua RW13 Beji Timur, Adang Suardi kepada Radar Depok, Kamis (2/1).

Adapun bantuan yang disalurkan, kata dia, Puskesmas berupa pengobatan gratis dan dana bantuan dari Kejaksaan Negeri (Kejari). “Kemarin juga camat dan lurah kemari untuk mengecek keadaan,” katanya.

Ia menjelaskan, jumlah rumah yang terimbas ada 55 rumah. Ketinggian air hampir setinggi dada orang dewasa. Perkiraan satu meter.

Lebih lanjut, Adang menambahkan, banjir disebabkan oleh meluapnya Situ Rawa Besar, dimana teluk situ diperkecil sehingga arus aliran air saat hujan deras makin berkurang. Hal itu mengakibatkan air situ meluap dan tumpah ke wilayah permukiman.

“Teluk itu diperkecil karena ada pembangunan toko, sedangkan mata air situ terus keluar. Saya berharap pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang segera membantu kami dalam menangani masalah ini,” tambah Adang.

Adang menjelaskan bahwa musibah banjir ini memang terjadi setiap tahun. Namun, menurutnya, semenjak adanya pembangunan terus-menerus membuat sumber penyerapan air berkurang. “Apalagi, setiap hujan deras ketinggian air Situ Rawa Besar bertambah empat sampai lima meter, Dulu hanya 1–2 meter,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)