saluran air kelurahan harjamukti yang hancur
MUSIBAH : Warga menunjukan Jalan Muara di RT04/05 Kelurahan Harjamukti, Cimanggis yang longsor akibat dari hujan deras yang mengguyur wilayah Depok di tahun baru. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
saluran air kelurahan harjamukti yang hancur
MUSIBAH : Warga menunjukan Jalan Muara di RT04/05 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis yang longsor akibat dari hujan deras yang mengguyur wilayah Depok di tahun baru. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Hujan deras yang mengguyur sepanjang pergantian tahun 2019 menuju 2020 tidak hanya mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di Kota Depok, tetapi juga berimbas pada kerusakan infrastruktur lingkungan yang membahayakan warga.

Seperti di Kecamatan Cimanggis yang mengalami peristiwa serupa. Sehingga, Camat Cimanggis, Eman Hidayat mengimbau warganya untuk tetap waspada dan melaporkan ketika ada bencana. Sehingga, dapat ditangani dengan cepat.

Ia mengungkapkan, di wilayahnya terdapat beberapa titik yang mengalami banjir dan longsor, seperti Bukit Cengkeh, Pasir Gunung Selatan RT5/7, Cisalak Pasar, Bukit Savana dan Harjamukti.

“Hampir seluruh wilayah di Cimanggis memang saat ini terkena musibah. Untuk itu, kami menghimbau masyarakat agar tetap tenang, waspada serta dapat memahami kondisi lingkungan, terutama yang berdekatan dengan kali,” kata Eman kepada Radar Depok, Kamis (2/1) .

Ia juga menghimbau, agar warga segera melaporkan ketika ada kejadian yang membahayakan ke pihak RT, RW, Lurah serta Camat setempat, agar segera ditangani dengan cepat.

“Harap segera melapor, agar bantuan bisa segera ke lokasi,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Harjamukti, Jayadi mengungkapkan, longsor  terjadi sejak Rabu (1/1) pagi, dan peristiwa tersebut sempat membuat warga panik.

“Karena, memang jaraknya sangat berdekatan dengan pemukiman, kurang lebih tiga meter dari pemukiman maka masyarakat berupaya menyelamatkan diri,” ucapnya.

Jayadi mengungkapkan, dalam kejadian longsor kali ini tidak ada harta benda dan rumah warga yang rusak, karena segera ditangani.

“Sebelum adanya petugas yang datang, warga bersama-sama melakukan penangan dini dengan membatasi daerah longsor, agar warga yang melintas tidak masuk ke lubang jalan yang terjadi longsor serta merapihkan puing-puing yang menggangu jalan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kejadian ini masih terbilang aman, karena tidak ada korban dan tidak berakibat  fatal sehingga masyarakat masih dapat melaksanakan kegiatan seperti biasa. Hanya saya, jika hujan kembali deras maka bisa menambah kerusakan.

“Alhamdulillah, ini masih terbilang aman dibanding lokasi lainnya di Kota Depok, tetapi kita juga menghimbau warga agar tetap berharti-hati saat hujan tiba, karena masih berpotensi longsor bahkan bisa lebih parah dari saat ini,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)