UPT Pemadam kebakaran cipayung
SIAGA : Kepala UPT Cipayung Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Muhammad Yusuf saat foto bersama dengan seluruh petugas damkar UPT Cipayung. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
UPT Pemadam kebakaran cipayung
SIAGA : Kepala UPT Cipayung Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Muhammad Yusuf saat foto bersama dengan seluruh petugas damkar UPT Cipayung. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, UPT Cipayung meminta seluruh elemen masyarakat memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR ). Hal ini untuk penanggulangan dini sebelum petugas tiba.

“Khususnya untuk rumah makan, pasar swalayan, atau di rumah gedong. ini sudah menjadi keharusan,” jelas Kepala UPT Cipayung Muhammad Yusuf kepada Radar Depok, Kamis (2/1).

Ia menjelaskan, tiap rumah makan atau pasar swalayan sudah menjadi standarisasi dalam memberikan keamanan pada pelanggannya. Tidak menutup kemungkinan kurangnya keselamatan yang minim membuat pelanggan enggan berkunjung.

“Bisa saja itu terjadi, nyawa jauh lebih penting. bisa saja makanan dan tempatnya enak, harganya murah tapi tidak punya sandart alat keselamatan, bisa jadi pelanggan tidak jadi datang,” tambahnya.

Kendati pihaknya kerap melakukan pelatihan mitigasi bencana di lingkungan dan siaga 24 jam untuk berjibaku memadamkan SI Jago Merah yang melalap rumah atau bangunan sewaktu-waktu. Namun, akan lebih aman, ketika memiliki APAR yang terus dipantau masa kadaluarsanya.

“APAR juga harus dipantau masa berlakunya, jangan hanya jadi pajangan saja, ketika benar-benar dibutuhkan malah tidak berfungsi,” tegasnya.

Ia menambahkan,  meski memiliki APAR,  bukan berarti tidak menghubungi petugas untuk penanggulangan bencana kebakaran. Bahkan, ia memastikan bahwa bantuan yang diberikan tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Kami ini kan pelayan masyarakat makanya tidak ada embel embel dan lainnya. Silakan segera hubungi ada petugas jaga 24 jam,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)