warga beji dapat bantuan PKH
ANTRE : Kondisi antrian pemberian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diselenggarakan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kantor Kecamatan Beji. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK
warga beji dapat bantuan PKH
ANTRE : Kondisi antrian pemberian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diselenggarakan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kantor Kecamatan Beji. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, BEJI – 488 warga di Beji yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), mendapat saluran bantuan dalam Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Bantuan ini masuk ke dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Koordinator PKH Cabang Beji, Aryo Wicaksono mengatakan, program tersebut bertujuan untuk membantu para warga dalam status tertentu, dari segi perekonomian. Status yang dimaksud Aryo merupakan warga yang memiliki Balita, anak sekolah, maupun warga berstatus ibu hamil, penyandang disabilitas, dan lanjut usia.

“Apabila dalam satu keluarga mempunyai semua status tersebut, maka yang dapat maksimal empat orang. Sisanya tidak,” kata Aryo kepada Radar Depok.

Ia juga menuturkan dana tersebut diterima warga dalam bentuk transfer ke rekening Bank Negera Indonesia (BNI) yang sudah berbentuk Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Ibu hamil dan balita mendapakan Rp3 juta/tahun. Anak SD Rp900 ribu/tahun. Anak SMP Rp1,5 juta/tahun, anak SMA Rp2 juta/tahun. “Lalu disabilitas dan lansia Rp2,4 juta/tahun. Semuanya dikirim per tiga bulan,” ujarnya.

Aryo juga menambahkan bantuan bersyarat yang dikeluarkan Kemensos tersebut, mewajibkan KPM untuk mengikuti aturan tertentu.

“Namanya bantuan bersyarat, pasti ada syaratnya. Ibu hamil dan ibu yang mempunyai balita wajib ke Posyandu tiap bulan. Lansia dan disabilitas wajib ke Posbindu atau Puskesmas tiap bulan. Anak sekolah 85% kehadiran,” tuturnya.

Setiap bulannya, kata Aryo, para KPM akan dibuat laporan verifikasi komitmen mengenai syarat yang sudah ditangguhkan. Apabila KPM tidak memenuhi syarat tersebut, maka bantuan akan ditahan.

Kepala Seksi Kemasyarakatan Kecamatan Beji, Dudi S. Azhar mengimbau agar masyarakat menggunakan dana dengan sebaik mungkin selayaknya yang di programkan.

“Saya bersyukur warga Beji bisa terbantu perekonomiannya. Harapan saya, warga dapat menggunakan dana tersebut dengan sebaik mungkin sesuai dengan fungsi dana tersebut,” tandasnya. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)