april ASN naik pangkat
BERAKTIFITAS : Aparatur Sipil Negara (ASN) beraktifitas di lingkungan Balaikota Depok. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
april ASN naik pangkat
BERAKTIFITAS : Aparatur Sipil Negara (ASN) beraktifitas di lingkungan Balaikota Depok. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kabar gembira bagi Apratur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kota (Pemkot) Depok. Awal tahun ini, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok tengah mengusulkan kenaikan pangkat ASN. Periode pertama sebanyak 507 ASN naik pangkat.

Sekretaris BKPSDM Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan di tahun 2020 ini ada dua periode kenaikan pangkat ASN, yaitu pada bulan April dan Oktober. “Dalam satu tahun ada dua periode kenaikan pangkat,” kata Mary kepada Radar Depok, Selasa (4/1).

Dia mengungkapkan, untuk kenaikan pangkat periode pertama, April ini pihaknya sudah membuat surat pemberitahuan ke seluruh Perangkat Daerah (PD). Untuk membuat usulan kenaikan pangkat ke BKPSDM. “Periode April sudah kami buatkan surat edaran sejak 13 November 2019 ke seluruh PD,” ungkap Mary.

Mary menjelaskan, berdasarkan data yang masuk dari masing–masing PD, periode April ini ada usulan kenaikan pangkat sebanyak 507 pegawai. “Saat ini data yang masuk baru periode April 2020,” bebernya.

Dia menambahkan, ratusan pegawai yang diusulkan naik pangkat tersebut berasal dari dua jabatan yaitu struktural dan pelaksana. “Untuk pejabat fungsional, kami masih menunggu usulan dari PD hingga tanggal 6 Februari ini,” ucapnya.

Mary juga menuturkan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah ASN yang akan naik pangkat pada periode kedua bulan Oktober ini. “Jumlah kenaikan pangkat ASN periode Oktober 2020 belum dicek,” bebernya.

Terpisah, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memaparkan mengenai batas waktu usulan Kenaikan Pangkat (KP), bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau ASN dapat dilakukan sesuai jadwal.

Bagi usul KP periode 1 April 2020 dapat diproses oleh BKN pada 1 Januari hingga 28 Februari 2020. Adapun usul kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2020, dapat diterima pada 1 Juli 2020 hingga 31 Agustus 2020.

“Batas akhir penyampaian kelengkapan berkas tidak lengkap untuk periode 1 April 2020 paling lambat tanggal 30 Juni 2020,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Aris Windiyanto dilansir situs Setkab, kemarin.

Sedangkan kenaikan pangkat 1 Oktober 2020, paling lambat melengkapi berkas tanggal 31 Desember 2020. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)