karakte bawa pulang emas
MENANG: Atlet karate Muhammad Ghalib Ramadhan berhasil membawa pulang medali emas dan mendapatkan juara BOB (best of the best) kumite kadet putra di pertandingan Piala Menpora RI Tingkat Nasional di GOR Ciracas, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur. FOTO : HARUM WIGARINGTYAS / RADAR DEPOK
karakte bawa pulang emas
MENANG : Atlet karate Muhammad Ghalib Ramadhan berhasil membawa pulang medali emas dan mendapatkan juara BOB (best of the best) kumite kadet putra di pertandingan Piala Menpora RI Tingkat Nasional di GOR Ciracas, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur. FOTO : HARUM WIGARINGTYAS / RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Muhammad Ghalib Ramadhan berhasil membawa pulang emas dan mendapatkan juara Best Of Best (BOB) kumite kadet putra di pertandingan Piala Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) Tingkat Nasional yang berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Ciracas, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur.

Untuk latihan persiapan menghadapi pertandingan, Ghalib mengatakan latihan rutin setiap Senin, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu, setiap hari selama sepekan.

“Sebelum pertandingan, biasanya saya latihan rutin  setiap hari,” ungkap Ghalib.

Untuk kendala, Ghalib mengaku tidak mendapatkan kendala yang berarti saat persiapan maupun saat pertandingan. Suka duka juga diungkapkan oleh Ghalib saat mengikuti pertandingan dimana dirinya bisa mendapatkan pengalaman lebih. Tak hanya itu, ia mengaku dirinya belajar mencetak diri untuk menjadi juara dan membuatnya terpacu untuk lebih meningkatkan performa dengan nambah porsi latihan.

Dukungan yang didapatkan oleh Ghalib dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kota Depok dan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kota Depok cukup baik karena ini merupakan seleksi untuk para atlet.

“Untuk menjadi atlet Forki Depok akan diseleksi melalui pertandingan Walikota Depok, alhamdulillah saya selalu juara 1 setiap pertandingan yang digelar oleh Walikota Depok dari kelas 3 sekolah dasar (SD) sampai sekarang sehingga menjadi atlet Forki Kota Depok. Atlet Forki Depok akan dipanggil untuk mewakili setiap pertandingan mulai dari tingkat Jawa Barat, Nasional, hingga Internasional,” tutur Ghalib.

Ghalib memiliki alasan tersendiri mengapa ia memilih Karate, karena baginya karate aman dan memiliki aturan yang ketat untuk tidak melukai badan.

“Gerakan menyenggol kepala di karate adalah pelanggaran. Pada setiap kenaikan tingkat ada peraturan yang terstandarisasi secara internasional agar tidak menyebabkan cidera tubuh,” tegas Ghalib.

Sejak 2013 Ghalib sudah meraih 58 medali dari perlombaan karate baik ditingkat lokal, provinsi, nasional maupun internasional. Setelah pertandingan Piala Menpora RI Tingkat Nasional di GOR Ciracas, Ghalib berharap bisa selalu bisa mencetak prestasi dan go Internasional.

“Setelah pertandingan ini saya berharap bisa selalu juara dan berprestasi di setiap event dan kejuaraan karate serta bisa menjadi atlet pemusatan latihan nasional (pelatnas) dan go internasional,” tutup Ghalib. (rd)

 

Jurnalis : Harum Wigaringtyas

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)