Bayar SPP Bisa Pakai GoPay

In Utama
ilustrasi bayar SPP pakai Go Pay
Ilustrasi pembayaran SPP pakai Go Pay.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Keputusan Presiden Joko Widodo menjadikan Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sempat membuat warganet menebak-nebak terobosan baru yang akan dilakukan oleh mantan CEO dan Founder Gojek tersebut.

Ada pula warganet yang bercanda bahwa pada kemudian hari Gojek dengan sistem pembayaran elektroniknya, GoPay, akan bisa digunakan untuk membayar SPP sekolah.

Kini, candaan warganet jadi kenyataan. Para orang tua atau wali murid kini dapat membayar SPP dan biaya pendidikan lain seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler dengan GoPay. Pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi Gojek di fitur GoBills.

Saat ini ada sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar di GoBills.

Senior Vice President Sales GoPay, Arno Tse menjelaskan, sebagai uang elektronik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, GoPay terus meningkatkan loyalitas pengguna. Tentunya dengan selalu menawarkan kemudahan dan kebebasan dalam bertransaksi dari membayar berbagai layanan Gojek, tagihan, pajak, hingga donasi.

“Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak di mana saja dan kapan saja tanpa harus hadir ke sekolah. Orang tua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Jawa Pos (Radar Depok Group).

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2017, GoBills diklaim telah berkembang menjadi sebuah fitur lengkap yang memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk membayar berbagai jenis tagihan.             Tidak hanya pendidikan, pengguna setia Gojek dapat menggunakan fitur GoBills untuk membayar tagihan sehari-hari seperti air, listrik, pulsa, BPJS Kesehatan, internet, TV kabel, asuransi, pajak, hingga zakat.

“Selain memudahkan para orang tua, lembaga pendidikan yang tergabung juga ikut merasakan manfaat transaksi digital, di antaranya penerimaan iuran yang jelas dan pencatatan transaksi yang lebih rapi dan teratur,” lanjut Arno.

Layanan pembayaran SPP via GoPay diharapkan dapat lebih banyak menjangkau sekolah di seluruh Indonesia. “Kami berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk menerapkan pembayaran digital,” tutup Arno.

Di bidang pendidikan, GoPay telah membantu Madrasah Miftahul Akhlaqiyah di Ngaliyan Semarang, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Bunda Mulia untuk mengimplementasikan QRIS. Pada awal 2019, GoPay juga telah menjadi uang elektronik pertama yang membangun ekosistem nontunai dengan 50 SMK di Jakarta Utara.

Terpisah, salah satu orang tua murid yang tinggal di kawasan Pancoranmas, Kota Depok, Jaja Najarudin Latif menilai, rencana pemerintah dalam hal ini Kemendikbud memberlakukan sistem pembayaran biaya pendidikan, termasuk SPP dengan menggunakan aplikasi Gopay, tentu ada sisi positif dari segi kemudahan.

Namun, menurut Jaja hal itu tidak menyentuh pada akar permasalahan pokok mengenai sistem pendidikan saat ini yang dianggap gagal mencetak generasi bangsa yang cakap, terampil, berkepribadian serta memiliki daya saing di tengah arus globalisasi yang semakin hebat.

“Secara jujur, pembayaran biaya pendidikan menggunakan aplikasi GoPay tidak bisa dikatakan sebagai inovasi pendidikan,” tegas Jaja. (rd/net)

 

Jurnalis : Agung HR (IG : @agungimpresi)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu