Desentralisasi Kesehatan

In Ruang Publik

Oleh : Sharhana Namira Estsania

Mahasiswa STIKIM Jakarta

Otonomi Daerah di Indonesia dilaksanakan dalam rangka desentralisasi di bidang pemerintahan. Desentralisasi itu sendiri setidaknya mempunyai tujuan untuk membuat Otonomi Daerah di Indonesia semakin maju dalam bidang Kesehatan, Politik , sosial ekonomi ataupun administrasi .

Kebijakan ini sangat lah menguntungkan bagi pihak daerah, maupun di bidang kesehatan.  Masalah kesehatan sangat lah besar bagi masyarakat Indonesia , yang membuat masalah ekonomi dan pendidikan juga ikut terseret dengan ada nya masalah kesehatan tersebut.

Bidang kesehatan pada awalnya bertumpu pada upaya pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan. Selanjutnya,, kebijakan tersebut berubah menjadi ke arah penyelenggaraan upaya kesehatan yang menyeluruh dengan penekanan pada upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan. Perubahan ini terjadi pada yang sangat dipentingkan ke arah kebijakan bidang kesehatan yang awalnya mementingkan pada kesehatan individual yang kemudian berubah pada kesehatan masyarakat.

Menyimpulkan bahwa sekiranya ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencapai kebijakan peraturan di bidang kesehatan yang ideal. Pemerintah mesti memberikan waktu masa peralihan yang cukup bagi daerah untuk menaikan derajat kemampuan untuk melaksanakan desentralisasi kesehatan. Dan untuk melakukan evaluasi bagi kemampuan daerah untuk merealisasikan peraturan di bidang kesehatan yang di lakukan untuk pemerintah pusat .

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu