IDL PGS Over 2,2 Persen

In Satelit Depok
IDL Puskesmas pasir gunung selatan
KEGIATAN : Penyerahan sertifikat oleh Kepala UPTD Puskesmas Pasir Gunung Selatan, Sulaeman Iskandar, di aula Kantor Kelurahan setempat, Rabu (12/2). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Dari sekitar 876 sasaran atau anak-anak yang wajib diimunisasi tiap tahun, UPT Puskesmas Pasir Gunung Selatam (PGS), Cimanggis mengklaim telah menuntaskan 97,2 persen. Jumlah tersebut over dari yang ditetapkan pemerintah, yakni 95 persen.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPTD Puskesmas PGS, Sulaeman Iskandar usai  melakukan wisuda Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) bagi 42 anak  di Kantor Kelurahan PGS, Cimanggis, Rabu (12/2).

“Kita sudah mencapai 97,2 persen yang sudah melaksanakan imunisasi secara lengkap. Sedangkan batas minimal itu 95 persen, jadi di PGS ini sudah lebih dari target yang ada,” ucap Sulaeman kepada Radar Depok.

Karena sudah melebihi target, maka diharapkan secara komunitas sudah ada kekebalan tentang berbagai penyakit. Dan dirinya pun berharap, agar masyarakat dapat menjadi agen perubahan. Sebab, saat ini banyak orang yang anti dengan imunisasi.

“Untuk itu, kami berharap masyarakat dapat menjadi agen perubahan dan mempromosikan imunisasi kepada masyarakat. Agar tidak terulang lagi kasus-kasus penyakit yang sebenarnya dapat di cegah dengan imunisasi. Namun, karena tidak optimal akhirnya dapat timbul berbagai penyakit,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Lurah PGS, Supriyatun mengungkapkan, untuk kegiatan ini ada 42 anak perwakilan dari 21 Posyandu yang ada di lingkungan PGS.

“Jadi, tiap posyandu mengirimkan dua anak sebagai perwakilan. Kalau untuk cakupan sendiri kita ada kurang lebih 800 anak, yang nantinya juga akan kita berikan sertifikat,” ucapnya.

Ia menuturkan, selain untuk mencegah berbagai penyakit imuniasasi lengkap juga diperlukan ketika anak masuk ke Sekolah Dasar (SD) khusunya di DKI Jakarta.

“Target Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) yang dicapai, bukan hanya kehebatan dari pihak Kelurahan, melainkan kesadaran dan peran serta orang tua juga kader-kader Posyandu,” tuturnya.

Tak hanya itu, untuk memenuhi imunisasi yang optimal, anak-anak harus mengikuti 13 tahapan imunisasi.

“Semoga anak-anak di PGS sehat dan terpenuhi haknya sebagai layak anak cluster satu dan tiga,” tandasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

impro camper 3

Melihat Kreasi IMpro Camper Van Kota Depok : Siap Gandeng Pemkot, Patenkan Identitas (3-Habis)

KREATIF : Salah satu tim IMpro Camper Van saat duduk di dalam mini bus yang

Read More...
pradi siap berkantor

Pradi Siap Ngantor di Kelurahan

DEKLARASI : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat menghadiri agenda di Kampung Banjaran

Read More...
damanhuri untuk pradi

Kyai Damanhuri : Pradi-Afifah Kombinasi Pas 

SANTRI : KH Ahmad Damanhuri (kiri) saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional, di Saung Yusra

Read More...

Mobile Sliding Menu