Inovasi Layanan Kesehatan di Pemerintah Daerah Kota Depok

In Ruang Publik

 

Oleh : Dhea Sindy Qhodri

Mahasiswa STIKIM Jakarta

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan pelayanan primer bagi masyarakat. Pelayanan kesehatan merupakan hal sensitif untuk menentukan kualitas kinerja pemerintah. Kesehatan merupakan persoalan yang dihadapi masyarakat sehingga menjadi sangat penting untuk terus memperbaiki standar pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Pelayanan kesehatan yang belum memadai, menjadi penyebab menurunnya derajat kesehatan masyarakat. Biaya kesehatan yang mahal menjadi kesehatan seolah-olah hanya menjadi hak orang yang baik dalam segi ekonomi. Ironinya mahalnya biaya kesehatan tidak dibarengi dengan peningkatan pelayanan yang baik, akibat buruknya kualitas pelayanan menyebabkan penurunan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Sehingga masyarakat lebih memilih fasilitas kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Kebanyakan masyarakat lebih memilih fasilitas kesehatan yang disediakan oleh pihak swasta, yang tentu saja biayanya relatif mahal.

Desentralisasi merupakan tantangan dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Saat ini pemerintah mempunyai peran yang sangat besar dalam penyediaan fasilitas kesehatan. Saat ini pemerintah daerah mempunyai peran yang sangat besar dalam membantu perbaikan pelayan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas dan rumah sakit.

Kebanyakan masyarakat saat ini khususnya masyarakat Kota Depok yang memilih pelayanan kesehatan dengan berobat ke klinik atau rumah sakit, karena mereka beranggapan bahwa obat-obatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan milik pemerintah tidak ampuh dengan penyakit yang diderita masyarakat Depok. Namun, fakta sebenarnya adalah obat yang diberikan oleh pihak pemerintah di Kota Depok jauh lebih bagus dibandingkan obat yang digunakan di sejumlah klinik maupun rumah sakit.

Tidak hanya dari segi obat-obatan yang menjadi perhatian masyarakat dalam memilih pelayanan kesehatan tetapi juga melingkupi mutu pelayanan kesehatan, karena mutu pelayanan kesehatan oleh pemerintah kota Depok yang baik dapat memberikan hasil aktivitas terbaik yang mampu diberikan oleh suatu Lembaga kesehatan yang berkaitan dengan kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, efektifitas, efesiensi, kenyamanan, hubungan antar manusia, kenyamanan dan kelangsungan pelayanan. Semakin baik layanan kesehatan yang mampu ditawarkan oleh Lembaga kesehatan, maka semakin tinggi pula kualitas penyelenggaraan kesehatan di Lembaga kesehatan milik pemerintah Kota Depok.

Pelayanan publik di bidang kesehatan menjadi isu yang cukup strategis. Perbaikan pelayanan publik di Kota Depok sampai saat ini masih cederung sangat lambat. Banyaknya tuntutan perubahan seringkali menyangkut masalah pelayanan yang di berikan. Masih rendahnya mutu pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur pemerintah menyebabkan buruknya citra pemerintah di mata masyarakat, sehingga keluhan dan kekecewaan terhadap mutu pelayanan yang diberikan kerap menjadi isu yang berkembang saat ini.

Maka dari itu puskesmas adalah salah satu harapan pelayanan kesehatan yang membantu untuk meningkatkan citra Pemerintah Kota Depok terhadap persepsi masyarakat, yang umumnya puskesmas itu sendiri adalah instansi pemerintah yang berperan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Depok yang dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan yang diberikan mampu untuk memenuhi kebutuhan, kepuasan, hingga harapan masyarakat.

Saat ini, otonomi daerah sangat berperan penting dalam pembangunan dan peningkatan pelayanan kesehatan, karena otonomi sendiri yaitu desentralisasi dari bentuk pengalihan tanggung jawab, kewenangan, dan sumber-sumber daya dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Desentralisasi sistem kesehatan merupakan bentuk reformasi pada sector pelayanan kesehatan masyarakat. Setelah beberapa tahun yang lalu, timbul ketidakpuasan terhadap proses desentralisasi, antara lain disebabkan karena dana kesehatan dari DAU dan APBD ternyata jumlahnya sedikit, sehingga sektor kesehatan kekurangan dana dan kehilangan koordinasi.

Pelayanan kesehatan berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah untuk menjalankan sendiri mekanisme kesehatan di Kota Depok itu sendiri, dengan cara melakukan penyesuaian terhadap daerah Kota Depok. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa pelayanan kesehatan belum mencapai tingkat optimalisme pelayanan. Ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian di pihak pemerintah Kota Depok yaitu penyelenggaraan layanan kesehatan di puskesmas Kota Depok, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak puskesmas termasuk SDM seperti tenaga kesehatan di puskesmas itu sendiri, kualitas penyelenggaran layanan kesehatan, dan indicator pelayanan kesehatan menurut undang undang Kepmenpan terbaru.

Oleh karena itu, saya sebagai penulis berharap bahwa pemerintah Kota Depok dapat menciptakan fasilitas kesehatan yang dapat menarik perhatian masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas dan merubah pola piker masyarakat bahwa citra puskesmas Kota Depok buruk dalam segi obat-obatan, biaya kesehatan hingga mutu pelayanan kesehatan. Jika semua upaya tersebut berhasil dijalankan maka mendapatkan keuntungan dalam menigkatkan inovasi layanan kesehatan oleh pemerintah Kota Depok menjadi hal yang baik. Dengan adanya fasilitas, obat, sarana dan prasarana, hingga mutu pelayanan yang diberikan juga dapat meningkatakan derajat kesehatan masyarakat Kota Depok untuk lebih sehat dan produktif.

You may also read!

Jadwal dan lokasi Pemadaman Listrik di Kota Depok Jumat, 23 Oktober 2020

  RADARDEPOK.COM - PLN (Persero) menginformasikan jadwal pemeliharaan jaringan listrik berupa aktivitas pemadaman sementara secara bergilir di Kota Depok pada

Read More...
guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu