Isi Waktu Luang, Hasilkan Rupiah

In Ekbis dan Hiburan
citra handy craft hasilkan uang
CRAFT : Beberapa produk yang dihasilkan dari mengisi waktu luang dengan membuat produk yang bernilai guna. FOTO : JOANINHA ELISA VAZ/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mengisi waktu luang bisa dilakukan dengan apa saja, misalnya dengan membaca, berolahraga, menjahit dan masih banyak lagi. Disamping untuk mengisi waktu, kegiatan seperti menjahit juga bisa dijadikan sebagai ladang mengumpulkan rupiah. Hal ini dibuktikan oleh Citra Handy Craft dimana sejak 2004 telah menghasilkan banyak produk seperti tas, sarung batal, sarung galon dan lain-lain.

Owner Citra Handy Craft, Tri Retno menjelaskan, pertama kali memproduksi tas kantung sebanyak 100 buah. Ternyata setelah ikut pameran dan bazar yang laku hanya satu buah. Dari situ muncul semangat untuk mengembangkan usaha bidang craft, karena craft hanya membuat satu sampel tetapi karyawan bisa meneruskan.

“Setelah berjalan, alhamdulilah sekarang bisa produk hingga 100 buah,” ungkapnya.

Retno menuturkan, produk yang rutin diproduksi hingga kini berupa tas, daster, sarung batal, tutup saji, tutup galon, sovenir, taplak dan tempat tisu. Produknya dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp25 ribu hingga Rp450 ribu. Dalam sehari Citra Handy Craft bisa memproduksi 50-100 buah tapi tergantung juga pada model yang diinginkan. Sementara untuk bahan sendiri diperoleh dari tanah abang, Tasikmalaya dan Bandung. Target penjualannya disamping memproduksi barang juga memberikan aksi sosial kepada orang-orang di sekitar seperti ibu-ibu rumah tangga yang ada dilingkungan rumah.

“Kalau bisa ada sesi sosialnya karena sudah tidak muda lagi. Saya masih aktif mengajar pelatihan di sekitar sini, mereka juga yang tidak ada kerjaan ini kan sama dengan refreshing,” tutup Retno. (rd)

 

Jurnalis : Joaninha Elisa

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

 

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu