koramil cimanggis latih pemuda
KEGIATAN : Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal), di Situ Cilangkap, Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
koramil cimanggis latih pemuda
KEGIATAN : Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal), di Situ Cilangkap, Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Koramil 06/Cimanggis, Kodim 0508/Depok memberikan penataran kepada pemuda Kecamata Cimanggis dan Tapos yang tergabung dalam organisasi kepemudaan (OKP) Karang Taruna (Katar), berupa Latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal) di Situ Cilangkap, Kelurahan Cilangkap, Tapos.

Danramil Cimanggis, Mayor Kav Imam Purwanto mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat sekitar dalam penanggulangan bencana alam.

“Latgulbencal ini, bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat jika terjadi bencana, khususnya di wilayah Cimanggis dan Tapos. Sehingga, masyarakat dan Satgas bencana sudah mengetahui cara menghadapinya,” ucap Danramil kepada Radar Depok.

Kegiatan ini, sambung Imam,  meliputi persiapan mendirikan posko bencana, dapur umum, lokasi pengungsian, cara mengevakuasi, penerimaan bantuan, hingga penyiapan berbagai peralatan untuk pengungsi.

“Kegiatan ini tak hanya berlangsung sekali, pada tanggal 9 Februari yang akan datang juga masih berlanjut kegiatan yang sama,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari Katar Sukatani yang turut hadir, Nasri HN mengungkapkan, pihak pemuda sangat antusias dalam megikuti setiap rangkaian yang diadakan oleh pihak Koramil.

“Walaupun jumlah yang hadir belum mencapai sasaran, dari 110 yang diundang hanya sekitar 80 orang dari Katar yang hadir,” ucapnya kepada Radar Depok.

Ia berharap, agar kegiatan minggu depan para pemuda perwakilan Katar lebih banyak lagi yang hadir, agar dapat mengetahui dan memahami cara penanggulangan bencana di lingkungan setempat.

“Karena, bencana bisa datang kapan saja dan diwilayah mana saja, untuk itu kita harus selalu waspada dan hati-hati, serta harus mengetahui cara mengatasi dan penanggulangan bencana,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Koramil, Polsek, Puskesmas, PLN, Satpol PP, Tagana, Katar, Damkar serta masyarakat sekitar. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)