pasar cisalak dan tugu di SNI kan
CEK KESIAPAN : Petugas dari Disdagin sedang mengecek kesiapan penilaian SNI di Pasar Tugu. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
pasar cisalak dan tugu di SNI kan
CEK KESIAPAN : Petugas dari Disdagin sedang mengecek kesiapan penilaian SNI di Pasar Tugu. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dua pasar tradisional di Depok diproyeksikan menjadi pasar Standar Nasional Indonesia (SNI) di tahun ini. Pasar tersebut pasar Tugu dan Pasar Cisalak. Keberadaan pasar SNI, dapat meningkatkan minat masyarakat berbelanja, karena kualitsnya akan terjamin dari berbagai aspek.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Zamrowi Hasan mengatakan, dua pasar tersebut dipilih karena sudah memenuhi kriteria yang ditentukan, untuk menjadi pasar SNI.  Mulai dari  pengelolaan pasar, zonasi pedagang, fasilitas penunjang, hingga kebersihan pasar.

“Selain itu, Pasar Tugu juga meraih  peringkat kedua lomba pasar tingkat Jawa Barat. Termasuk Pasar Cisalak meraih peringkat enam di lomba yang sama,” kata Zamrowi.

Dia menjelaskan, terdapat 40 indikator yang harus dipenuhi sebagai pasar SNI. Di antaranya, profesionalisme pengelola pasar, zonasi pedagang, fasilitas penunjang, dan kebersihan pasar.

“Untuk menjadi pasar bersertifikat SNI, bukan pekerjaan yang ringan bagi kami. Supaya hasilnya maksimal, kemarin kami melakukan sidak ke dua pasar tersebut guna mengevaluasi fenomena di lapangan,” jelasnya.

Zamrowi menambahkan, dari hasil sidak yang dilakukan, Pasar Tugu dan Cisalak hampir memenuhi seluruh indikator penilaian. Untuk itu, pihaknya optimistis kedua pasar ini dapat menjadi pasar SNI seperti Pasar Sukatani.

“Dari dua pasar ini fenomenanya sama. Mungkin yang harus dibenahi adalah lahan parkir dan pedagang yang berjualan di luar pasar, itu harus kami evaluasi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Tugu, Ikhwan Nasution mengaku,  pihaknya sudah mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk meraih predikat SNI.

“Kami sudah melengkapi pasar ini dengan beberapa fasilitas penunjang, seperti ruang menyusui, musolah, perpustakaan, dan klinik,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (7/2).

Dia berharap, agar Pasar Tugu bisa meraih predikat pasar SNI guna menudukung peningkatan kualitas pelayanan masyarakat khususnya yang ingin berbelanja di pasar.

“Kami berharap bisa meraih predikat SNI,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)