Penuhi Kebutuhan Vitamin Anak

In Satelit Depok
vitamin A dari puskesmas tapos
SEHAT : Pemberian Vitamin A di Posyandu Cempaka, RT 01/020 Kelurahan/Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Data yang ada di UPTD Puskesmas Tapos, terdapat 2.732 bayi dan balita yang menjadi sasaran pemberian Vitamin. Diharapkan orang tua juga memberikan makanan dan buah yang banyak mengandung Vitamin A dalam pemenuhan gizi anak sehar-hari.

Kepala UPTD Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan mengungkapkan Vitamin A diberikan setahun dua kali yaitu pada Februari dan Agustus, pemberian nya juga dibagi dua kelompok anak enam sampai 12 bulan dan diatas 12 bulan hingga 5 tahun.

“Untuk usia enam hingga 12 bulan diberikan Vitamin A yang dosisnya 100.000 unit, kemudian untuk usia di atas 12 bulan hingga 5tahun diberikan vitamin A yang dosisnya 200.000 Internasional Unit,” ucapnya kepada Radar Depok.

Ia menjelaskan, untuk total keseluruhan sasaran baik bayi maupun balita, yaitu 2.732, dengan total tersebut yang sudah diberikan sekitar 40 hingga 50 persen dari target.

“Untuk jumlah anak usia 6 sampai 12 bulan terdapat 341 anak, sedangkan untuk diatas 12 bulan hingga 5tahun 2.391. Total yang menjadi target kami di tahun ini yaitu 2.732 bayi dan balita,” jelasnya.

Dari jumlah sasaran tersebut, biasanya hanya 60 hingga 70 persen saja yang datang langsung ke Posyandu, dengan demikian pihaknya melakukan swiping bersama kader agar dapat mencapai target tersebut.

“Bisanya mereka yang tidak datang ke Posyandu itu, terkendala oleh waktu atau  banyak juga yang orang tua nya kerja saat jadwal posyandu. Ada juga beberapa orang tua yang meresa khawatir jika anaknya diberikan Vitamin A, untuk itu terlebih dahulu kita adakan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat, bahwa vitamin A itu sangat penting untuk kesehatan bayi dan balita,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, Vitamin A banyak sekali manfaatnyabagi kesehatan anak, secara umum akan meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh bayi dan balita, lebih khusus lagi memberikan kesehatan bagi pengelihatan, karena bayi dan balita sangat rawan sekali pengelihatannya, begitu kurang vitamin maka akan ada gangguan pengelihatan.

“Di samping itu, bagi anak-anak yang menderita inveksi kronis seperti campak, tb paru biasanya kita juga selain program yang februari dan agustus akan diberikan tambahan vitamin bagi kasus-kasus tertentu,” ungkapnya.

Bagi orang tua, dirinya telah memberikan himbauan bahwa Vitamin A pada Februari dan Agustus ini sangat penting karena untuk kesehatan anak-anaknya dimasa yang akan datang, jangan sampai nanti setelah masuk usia sekolah mereka menderita rabun senja atau memerlukan bantuan kaca mata.

“Selain memberikan Vitamin A  yang rutin dari posyandu ini, para orang tua juga dapat memberikan Vitamin A melalui makanan lain seperti daging, hati, telur, serta buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin A,” pungkasnya. (tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

mohammad idris baju ungu

Ada 40.423 KK yang Terima Bantuan di Depok

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 40.423 Kepala

Read More...
warga depok terkena virus

Data IDI : Di Indonesia 1.000 Orang Meninggal Terkait Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Data pasien positif Korona yang meninggal antara yang diumumkan Pemerintah berbeda dengan

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Minggu (19/04) Tambah 327 Positif Korona, Berikut Penyebarannya

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Pemerintah mengumumkan penambahan kasus positif virus Corona di wilayah Indonesia. Per Minggu

Read More...

Mobile Sliding Menu